Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bibir kering, pecah-pecah, selain mengganggu penampilan, juga mengganggu kenyamanan. Karena biasanya, bibir kering dan pecah-pecah juga menimbulkan rasa perih, bahkan sampai berdarah. Untuk mengatasinya, Anda perlu tahu cara mencegah bibir kering hingga membuat bibir tetap sehat dan lembap. Dilansir dari How Stuff Works, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

5 Langkah untuk Mencegah Bibir Kering

1. Hindari Menjilat Bibir

Jika Anda berasumsi bahwa dengan membasahi bibir dengan cara menjilatnya dapat membuat bibir tetap lembap, asumsi Anda salah. Menjilat bibir, hanya akan membuat bibir basah dalam sesaat, sisanya kelembapan bibir akan menghilang. Enzim yang terkandung dalam air liur bersifat untuk menghaluskan makanan. Itu pula yang terjadi pada bibir Anda. Kulit bibir yang kering bisa mudah terkikis kelembapannya.

2. Kekurangan Cairan

Cara sederhana lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bibir kering adalah pastikan tubuh Anda mendapat cukup cairan. Jika tubuh kekurangan cairan, sel-sel yang ada dalam tubuh, termasuk sel pada kulit bibir, dapat mengering. Penuhi kebutuhan cairan Anda dalam sehari. Pastikan tubuh tidak kehilangan cairan.

3. Menggunakan Lip Balm

Kandungan-kandungan dalam lip balm seperti fenol, mentol, tidak benar-benar bersifat mengeringkan bibir. Lip balm dapat mencegah bibir Anda pecah-pecah dan kering. Kandungan minyak-minyakan yang umum ada pada lip balm menjadi elemen yang menguntungkan untuk kelembapan bibir Anda. Tambahan vitamin juga membantu meregenerasi jaringan.

4. Selektif Memilih Lipstik

Cara untuk mencegah bibir pecah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan selektif memilih lipstik. Pilih lipstik dengan kandungan yang baik dan melembapkan. Kandungan yang melembapkan pada lipstik, akan ikut menutrisi kulit bibir Anda. Pilih lipstik dengan kandungan SPF 15 atau kandungan lain yang menguntungkan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

5. Perhatikan Penggunaan Obat

Pada satu keadaan, yang membuat Anda harus menggunakan obat-obatan untuk jerawat, atau masker wajah bersifat medis, bibir harus tetap dilindungi. Caranya, gunakan lebih dulu lip balm atau petroleum jelly untuk melindungi bibir Anda dari reaksi obat-obatan tersebut.

Cara-cara untuk mencegah bibir kering yang sudah disebutkan di atas, bisa mulai Anda perhatikan. Ingat selalu bahwa mencegah, bagaimana pun lebih baik daripada mengobati.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi