Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Membuat bekal tanpa persiapan bisa menyebabkan bekal anak menjadi tidak sehat lo. Maka dari itu kita harus mengetahui langkah-langkah apa saja untuk mempersiapkan bekal yang sehat.

5 Langkah Mudah Menyiapkan Bekal Sehat Untuk Anak

Bekal yang sehat akan mendukung anak dalam menjalankan aktivitas dengan baik dan berenergi. Lalu, apa saja yang persiapan untuk membuat bekal yang sehat?

The Australian Nutrition Foundation menyebutkan beberapa tips dalam mempersiapkan bekal sehat anak, yaitu:

1. Menyisihkan waktu untuk mempersiapkan bekal

Tentukan bekal apa yang akan Anda berikan untuk anak, pastikan bahan makanan yang Anda pilih adalah bahan makanan yang sehat, jika perlu buat jadwal bekal sehat untuk anak agar Anda bisa lebih siap dalam membuat bekal.

2. Berbelanja dengan bijak dan tidak berlebihan

Bekal tentu identik dengan makanan yang praktis dan sehat, untuk itu Anda tidak perlu berbelanja bahan makanan yang membutuhkan banyak metode pengolahan. Pastikan saja bahan makanan berkualitas dan segar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Pastikan variasi makanan

Bekal anak sebaiknya adalah makanan yang berkarbohidrat, tinggi vitamin dan mineral serta berprotein. Pilihan makanan untuk bekal antara lain roti gandum, buah potong, salad sayur serta susu, keju atau yoghurt.

4. Buat sendiri camilan untuk bekal anak

Dari bahan makanan berkualitas dan segar yang Anda beli, olahlah menjadi camilan yang bisa Anda buat sendiri. Salad buah atau roti gulung isi daging dan sayur, tentu bisa jadi pilihan camilan yang praktis dan sehat, dibandingkan Anda harus membeli camilan jadi untuk bekal anak.

5. Menjaga kebersihan bekal makanan anak

Bekal tentu identik dengan kotak makanan atau kotak bekal, hal ini sebaiknya kita lakukan karena kebersihan makanan anak akan lebih terjaga. Disamping itu dengan menggunakan kotak makanan, sampah tentu menjadi berkurang.

Nah, itu dia lima langkah mudah mempersiapkan bekal untuk anak. Selain mudah dilakukan bekal anak juga akan menjadi lebih sehat, kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi