Terbit: 1 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan dari vagina adalah hal yang harus dilakukan oleh wanita. Kalau vagina tidak diperhatikan kesehatannya, masalah-masalah baru bisa saja muncul. Aneka infeksi berbahaya bisa muncul pada vagina dan menyebabkan gangguan yang cukup susah diatasi.

5 Kondisi Vagina yang Menunjukkan Kondisi Kesehatan Wanita

Selian masalah kesehatan vagina, Anda juga harus memerhatikan kondisi dari vagina. Ada beberapa gejala penyakit yang diperlihatkan oleh vagina sehingga Anda harus mewaspadainya. Berikut beberapa kondisi vagina yang tidak boleh diabaikan.

1. Perdarahan abnormal

Vagina memang sering mengalami perdarahan khususnya saat siklus menstruasi tiba. Kondisi ini cukup normal karena tubuh sedang melakukan mekanisme secara alami. Yang patut diwaspadai oleh banyak orang adalah saat perdarahannya terjadi di luar siklus menstruasi.

Perdarahan yang cukup banyak dan tidak normal disertai rasa sakit di perut bisa jadi tanda kanker serviks.

2. Seks yang sakit

Seks yang sakit pada wanita bisa jadi karena vagina kering. Wanita yang sudah menopause kerap mengalaminya. Kalau Anda masih subur, rasa sakit bisa jadi tanda adanya infeksi di dalam vagina atau endometriosis di rahim.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Bau tidak sedap

Kalau vagina mengeluarkan bau yang tidak sedap bisa jadi sedang ada infeksi di dalam vagina. Bau ini biasanya agak busuk atau amis pekat. Untuk mengeceknya coba letakkan cari di mulut vagina selama beberapa saat lalu cium aromanya.

4. Rasa panas saat berkemih

Kalau Anda sering merasa panas atau perih saat berkemih, berarti ada gangguan pada saluran kemih. Infeksi di area kandung kemih dan uretra bisa jadi penyebabnya.

5. Keluar cairan tertentu

Kalau vagina mengeluarkan cairan tertentu dengan harga hijau dan baunya tidak sedap, berarti keputihan abnormal sedang terjadi. Segera lakukan pemeriksaan agar dokter bisa memberi obat.

Nah, mulai saat ini lebih perhatikan lagi kondisi dari vagina ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi