Terbit: 8 Mei 2018 | Diperbarui: 9 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apel merupakan buah yang dikenal memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Selain mudah didapat, kandungan nutrisinya yang tinggi membuat apel jadi pilihan untuk asupan buah sehari-hari dalam menu di rumah. Nah, bagi Anda yang sedang hamil, apel juga dapat membantu kehamilan Anda lho!

5 Khasiat Apel Bagi Ibu Hamil

Manfaat apel bagi ibu hamil

1. Melancarakan sistem pencernaan

Perubahan hormon selama hamil kadang membuat ibu mengalami sembelit atau susah buang air besar. Selain karena perubahan hormon, sembelit saat hamil juga bisa disebabkan oleh pola makan yang kurang serat.

Anda bisa mengonsumsi apel sebagai camilan sehari-hari untuk melancarkan pencernaan. Satu buah apel memilili kadar serat yang cukup tinggi dan dapat memenuhi 10% asupan serat harian yang dibutuhkan.

2. Mengurangi risiko diabetes

Saat hamil ibu memiliki risiko mengalami diabetes gestasional, yaitu diabetes yang terjadi di saat kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan serat dalam apel dapat membantu Anda mengontrol kadar gula darah selama kehamilan.

3. Sumber energi

Saat hamil, Anda mungkin merasa lemas dan lelah. Apel yang mengandung karbohidrat kompleks dapat menjadi sumber energi yang sehat bagi Anda. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi satu buah apel dalam sehari.

4. Mengurangi risiko asma pada si kecil

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah apel selama kehamilan dapat mengurangi risiko janin terkena penyakit asma hingga 53%. Apel mengandung antioksidan yang dapat menjaga saluran pernapasan si kecil dari peradangan. Jika ibu memiliki riwayat asma, sebaiknya tetap melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

5. Memperkuat tulang si kecil

Saat hamil, kebutuhan kalsium ibu meningkat untuk pembentukan tulang pada janin. Untuk itu ibu perlu mengonsumsi tambahan kalsium agar janin dapat tumbuh dengan kuat. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium pada ibu hamil, Anda bisa memenuhinya dengan mengonsumsi segelas jus apel setiap hari.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi