Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Photo Credit: Marco VerchDokterSehat.Com– Saat menyusui, ibu membutuhkan banyak nutrisi agar dapat menghasilkan ASI yang baik. Salah satu minuman yang disarankan saat menyusui adalah air lemon. Apa saja khasiat air lemon bagi ibu menyusui?

5 Khasiat Air Lemon Bagi Ibu Menyusui

Photo Credit: Marco Verch

Khasiat air lemon bagi ibu menyusui

Air lemon disebut-sebut memiliki banyak khasiat, termasuk bagi ibu menyusui. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda bisa memasukkan irisan lemon pada air minum Anda atau memeras lemon dan meminumnya langsung. Dilansir dari Mom Junction, berikut ini manfaat air lemon bagi ibu menyusui:

1. Membantu suplai ASI
Minum air lemon saat menyusui dapat membuat badan Anda tetap terhidrasi dan segar sehingga produksi ASI lancar. Minum air lemon juga dapat menjadi pilihan jika Anda ingin minuman yang menyegarkan namun rendah gula.

2. Mencegah masalah pencernaan pada bayi
Air lemon dikenal baik bagi sistem pencernaan. Sama halnya dengan minum air lemon saat nenyusui juga dapat mencegah masalah pencernaan bayi seperti kembung, atau kram.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Meredakan sakit tenggorokan
Jika stamina Anda sedang tidak terlalu baik untuk menyusui, maka Anda bisa mengonsumsi air lemon untuk mengobati sakit atau infeksi tenggorokan. Selain mengonsumsi air lemon, Anda juga bisa mengonsumsi perasan lemon dan madu untuk mengobati sakit tenggorokan.

4. Menurunkan tekanan darah
Beberapa ibu menyusui mengalami tekanan darah tinggi setelah melahirkan. Jika dibiarkan kondisi ini bisa berbahaya bagi kesehatan jantung ibu. Selain menjaga makanan dan berolah raga, salah satu cara mengatasinya adalah dengan minum air lemon yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5. Memperbaiki struktur kulit
Setelah melahirkan umumnya kulit perempuan dapat berubah menjadi kering karena perubahan hormon. Anda dapat mengatasi kondisi tersebut dengan minum air lemon yang kaya akan vitamin C sehingga dapat membantu melembutkan tekstur kulit dan membuat kulit lebih cerah.

6. Membantu mencegah kanker payudara
Beberapa penelitian membuktikan bahwa kulit lemon mengandung limonene yang mengandung anti tumor. Minum air lemon secara teratur dapat membantu Anda mencegah tumor dan kanker.

Bagaimana Mom, tertarik untuk mencoba minum air lemon?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi