5 Kesalahan Yang Membuat MPASI Tidak Aman

bayi-makan-cokelat-doktersehat
Photo Credit: flickr/ nvainio

DokterSehat.Com– Kerap tidak disadari, kebiasaan kecil yang mungkin kita lakukan dalam membuat MPASI ternyata bisa menyebabkan keamanan MPASI tidak terjamin lo. Apa saja hal-hal yang bisa memengaruhi keamanan MPASI tersebut?

Kualitas dan keamanan MPASI harus terjaga. Hal ini tentu saja tidak hanya untuk mendukung asupan gizi dan tumbuh kembang anak namun, juga mencegah terjadinya paparan bakteri pada MPASI. Adanya bakteri tentu akan meningkatkan risiko terjadinya keracunan makanan atau diare.

Untuk itu, US Food Drug Administration menyebutkan beberapa hal yang sebaiknya tidak kita lakukan agar keamanan MPASI terjaga, yaitu:

1. Membuat MPASI terlalu banyak

Sebaiknya buatlah MPASI dalam jumlah yang cukup untuk satu kali makan. Mempersiapkan bahan sebelumnya boleh dilakukan, namun campurkan bahan menjadi MPASI siap makan hanya saat akan dikonsumsi untuk anak. Misalnya, persiapkan bahan untuk membuat puree dalam satu hari, namun olahlah saat mendekati waktu makan anak, biarkan sisa bahan puree, misalnya buah, tetap dalam bentuk utuh lalu simpan dalam wadah dan kulkas.

2. Menyimpan sisa MPASI yang tidak dihabiskan anak

Menyimpan MPASI yang tidak dihabiskan, meskipun disimpan dalam kulkas, sangat tidak dianjurkan. Hal ini disebabkan bekas cairan dari mulut bayi bisa jadi menempel pada bahan makanan dan jika disimpan akan meningkatkan bakteri. Usahakan untuk mengambil MPASI sesuai dengan porsi dan kemampuan makan anak dan tidak menyajikan kembali MPASI tersebut untuk makan selanjutnya.

3. Menambahkan madu pada MPASI

Untuk usia dibawah satu tahun, bayi tidak dianjurkan diberi madu. Madu bisa memiliki kandungan clostridium botulinum yang berbahaya untuk bayi.

4. Memberikan susu yang tidak terpasteurisasi

Susu selain ASI, untuk anak diatas 7 bulan, tentu boleh diberikan atau ditambahkan dalam MPASI. Namun pastikan bahwa susu sudah terpasteurisasi sehingga bebas bakteri.

Nah, kini kita sudah tahu apa saja hal yang sebaiknya tidak kita lakukan agar keamanan MPASI terjaga ya.