Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Hampir semua wanita ingin memiliki tubuh sehat serta ideal. Tak heran jika mereka akan melakukan program diet, mengatur pola makan, dan berolahraga secara teratur. Namun, tak sedikit pula dari mereka yang masih melakukan kebiasaan makan yang justru kurang sehat dan juga berpengaruh pada penampilan mereka. Adapun kebiasaan yang kurang baik tersebut sebagai berikut.

5 Kesalahan Makan ini Justru Bikin Tubuh Tambah Gemuk

Photo Credit : pexels.com

1. Tidak Sarapan

Banyak yang beranggapan jika ingin menurunkan berat badan, maka hentikan kebiasaan makan pada pagi hari atau sarapan. Mereka berpikir untuk mengurangi makan bisa dengan cara tidak sarapan. Anggapan tersebut sangatlah tidak benar. Karena saat Anda tidak sarapan, maka pada siang hari saat makan siang, Anda akan melahap semua makanan tanpa sisa. Dengan demikian, berat badan Anda justru akan semakin naik.

2. Ngemil

Kebiasaan yang satu ini merupakan kebiasaan buruk yang paling disukai oleh wanita. Wanita memang suka sekali ngemil. Makanan ringan yang memiliki cita rasa asin, gurih, dan manis akan menjadi pilihan yang pas untuk cemilan mereka. Akan tetapi, dibalik kebiasaan buruk tersebut akan menimbulkan risiko yang dapat memicu berat badan Anda semakin naik. Risiko lain dari kebiasaan ngemil adalah membuat tubuh Anda rentan terserang penyakit seperti stroke, jantung, hingga diabetes.

3. Makan Sambil Berdiri

Makan sambil berdiri juga merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan. Biasanya, banyak orang yang melakukannya saat menghadiri sebuah pesta atau acara. Akan tetapi, makan sambil berdiri akan membuat makanan yang Anda makan tidak dapat dicerna dengan baik sehingga juga akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

4. Makan Malam

Memang tidak ada yang salah dengan makan di malam hari jika memang perut terasa lapar. Namun, Anda perlu memperhatikan menu makanan yang akan Anda santap. Sebaiknya jika Anda lapar di malam hari, Anda memilih makanan seperti sayur dan buah saja. Hindari makanan manis atau asin seperti keripik, sebab akan membuat Anda susah tidur karena pencernaan masih sibuk mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, makan di malam hari juga akan membuat berat badan Anda semakin naik.

5. Makan Terlalu Cepat

Melihat orang makan dengan cepat dan lahap memang akan membuat hati senang. Namun, sebenarnya kebiasaan makan dengan cepat tersebut akan membuat Anda mengonsumsi banyak makanan. Hal tersebut terjadi karena otak yang tak sempat lagi mengirim sinyal kenyang, sehingga berpotensi mengalami kenaikan berat badan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi