Terbit: 31 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ingatkah Anda pada kasus telur palsu yang belakangan ini merebak? Meskipun isu tersebut sudah tidak terbukti kebenarannya , namun ada lo kelainan yang memang terjadi pada telur yang mungkin membuat kita khawatir akan keamanan telur. Padahal kelainan ini memang terjadi alami karena adanya penyimpangan selama proses pembentukan telur dalam tubuh ternak.

5 Kelainan Pada Telur Yang Perlu Kita Ketahui

Kelainan yang ada pada telur ini disebabkan adanya penyimpangan pada tubuh induk yang disebabkan oleh berbagai faktor. Hal ini kemudian yang dapat menyebabkan kondisi yang tidak normal baik pada bagian dalam maupun luar telur.

Lalu, apa sajakah kelainan telur tersebut? Pakar pangan, profesor Tien Muchtadi, menyebutkan dalam bukunya ada 5 kelainan yang sering terjadi pada telur, yaitu:

  1. Telur dengan dua kuning telur

  2. Tentu pernah Anda mengetahui ada telur yang memiliki dua kuning telur, hal ini ternyata merupakan hal yang wajar. Kondisi ini disebabkan adanya dua kuning telur yang masuk bersamaan pada saluran telur saat proses pembentukan di tubuh induk.

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  3. Telur tanpa kuning

  4. Pernahkah Anda menemukan telur tanpa kuning telur? Hal ini ternyata bisa terjadi karena bagian ovari pada telur yang menyebabkan telur melepaskan bagian kuning telur pada saat proses pembentukan telur, sehingga dihasilkan telur tanpa kuning.

  5. Telur dalam telur

  6. Meskipun jarang kita temui, namun kelainan telur ini bisa terjadi karena adanya pembalikan arah telur saat terbentuk di oviduct, sehingga proses pembentukan telur terjadi lagi, yang menyebabkan telur ada dalam telur.

  7. Telur bernoda darah

  8. Kelainan ini tentu cukup sering kita temui, adanya noda darah kecil atau blood spot pada telur diakibatkan pecahnya sebagian darah pada saat ovulasi.

  9. Telur dengan noda daging

  10. Mirip dengan noda darah namun hal ini terjadi akibat adanya reaksi kimia atau terlepasnya jaringan alat reproduksi induk.

Meskipun sebagian orang kerap membuang telur yang tidak sama dengan telur pada umumnya, sebenarnya kelainan pada telur tersebut tidak lantas membuat telur menjadi tidak layak dikonsumsi.

Pada beberapa kelainan, misalnya noda darah atau noda daging, beberapa pakar menyebutkan bahwa dengan mengambil bagian bernoda tersebut, maka bagian telur lainnya masih memiliki kualitas yang baik.

Nah, kira-kira Anda pernah menemukan kelainan pada telur yang mana?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi