Terbit: 31 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki tubuh langsing dan ideal merupakan sebuah impian bagi setiap wanita. Tubuh yang langsing bisa didapatkan dari program diet ataupun olahraga. Tapi kesibukan serta rutinitas sehari-hari membuat sebagian besar wanita merasa enggan untuk melakukan kedua hal tersebut. Berdalih tidak ada waktu, tak sedikit wanita yang mencoba cara instan dengan mengonsumsi obat-obatan pelangsing.

5 Kegiatan Di Rumah Sebagai Pengganti Olahraga yang Terbukti Bisa Membakar Kalori

Photo Credit : pexels.com

Perlu diketahui, mengonsumsi obat-obatan yang belum terjamin khasiatnya bisa membahayakan tubuh. Apalagi jika dikonsumsi jangka panjang, sebab setiap obat pasti memiliki efek samping tak terduga yang cukup mengkhawatirkan. Padahal, tanpa seperti itu, ada cara lain yang bisa membakar kalori walaupun tidak berolahraga. Ya, caranya adalah dengan kegiatan di rumah. Apa saja kegiatan tersebut?

  • Menyapu dan Mengepel Lantai

Menyapu dan mengepel lantai mungkin hampir setiap hari Anda lakukan untuk menjaga rumah agar selalu nampak bersih. Kegiatan ini memang cukup melelahkan, apalagi jika rumah Anda sedikit lebih luas. Akan tetapi, saat Anda menyapu dan mengepel lantai, ternyata Anda bisa membakar sekitar 500-536 kalori. Untuk itu, kegiatan ini sangat ampuh dijadikan sebagai pengganti olahraga.

  • Mencuci Pakaian

Sebagai wanita dan ibu rumah tangga, tentu Anda tidak akan lepas dari kegiatan mencuci pakaian. Perlu Anda ketahui, ternyata mencuci pakaian terutama mencuci dengan tangan bisa membakar sekitar 280 kalori dalam sekali sesinya. Ditambah lagi dengan menjemur pakaian, mengangkat jemuran, melipat, menyetrika, dan memasukkannya ke dalam lemari juga membuat kalori Anda berkurang lebih banyak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  • Membersihkan Kamar Mandi

Sebelum mandi, Anda bisa memulai dengan kegiatan membersihkan kamar mandi terlebih dahulu, mulai dari menyikat lantai, kloset, hingga menguras air dalam bak mandi. Kegiatan ini juga cukup ampuh membakar kalori dalam tubuh. Dengan membersihkan kamar mandi, Anda bisa membakar sekitar 180 kalori dan tentunya kesehatan akan terjaga.

  • Membersihkan Jendela

Jangan hanya bagian dalam rumah saja yang dibersihkan, jendela juga harus selalu Anda perhatikan kebersihannya. Membersihkan jendela dan beberapa bingkai foto akan membakar sekitar 167 kalori. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meregangkan otot-otot tubuh Anda.

  • Berkebun

Jika rumah Anda memiliki halaman yang cukup luas, tidak ada salahnya jika And menyulapnya menjadi kebun,  karena dengan berkebun Anda juga bisa membakar kalori dalam tubuh. Mulai dari mencangkul, menanam tumbuhan, menyiram, hingga menyapu halaman bisa membakar sekitar 325 kalori.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi