Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki kulit yang sehat dan indah, siapa yang tidak ingin? Sayang, tidak semua menyadari bahwa kesehatan kulit sering kali terabaikan sebab beberapa hal tidak begitu disadari. Selain kurang atau tidak memperhatikan asupan makanan dengan baik, ternyata ada hal-hal, perilaku, yang bisa membuat kesehatan kulit kita menjadi terganggu atau rusak seperti yang dilansir dari Discover Good Nutrition berikut ini.

5 Kebiasaan yang Akan Merusak Kulit Anda

Photo Credit: Flickr.Com/ Anibal Toro

1. Merokok

Mustahil jika Anda tidak pernah mendengar bahaya rokok bagi kesehatan. Pasalnya, kebiasaan yang satu ini dapat merusak kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit Anda. Rokok adalah musuh besar bagi kulit. Ia bisa menimbulkan garis-garis halus pada kulit, kulit jadi tampak kusam, tidak sehat dan berkerut. Terutama untuk daerah bibir bagian atas dan bawah mata. Rokok dapat membuat pembuluh darah menyempit, sehingga kulit tidak maksimal mendapat asupan oksigen atau nutrisi yang dibutuhkan.

2. Kurang Asupan Makanan Sehat

Makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan mengandung antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyerang kulit Anda. Kurang asupan sayur dan buah , berdampak mengerikan, baik bagi kesehatan secara keseluruhan atau kesehatan kulit. Karena selain antioksidan, sayur serta buah-buahan juga kaya akan nutrisi lain seperti Vitamin C dan E yang keduanya bagus untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

3. Membiarkan Kulit Tidak Terlindungi dari Cahaya Matahari

Bahaya sinar matahari untuk kesehatan kulit di antaranya adalah dapat memengaruhi pigmentasi sehingga bisa menimbulkan bercak hitam pada kulit, menghilangkan banyak kolagen yang berpengaruh pada keelastisitasannya. Nah! Kebiasaan tidak melindungi kulit dari matahari, adalah kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatanya. Mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk menggunakan sunscreen atau baju yang melindungi tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

4. Tidak Melakukan Perawatan Kulit secara Serius dan Benar

Ini dia. Kebiasaan paling dasar yang dilakukan oleh banyak orang; tidak memerhatikan atau melakukan perawatan wajah secara optimal. Tidak ada salahnya untuk mulai melakukan perawatan pada kulit, seperti penggunaan serum, pelembap, sun screen, dan vitamin. Elemen-elemen perawatan tersebut, bisa membantu Anda menjaga kulit tetap sehat.

5. Penggunaan Bahan Kimia yang Dapat Mengiritasi

Perawatan wajah memang diperlukan, tetapi lebih dari itu, Anda juga harus memperhatikan elemen-elemen perawatan tersebut. Kenali lebih dulu jenis kulit Anda, sehingga Anda bisa menentukan jenis-jenis perawatan yang tepat, Anda juga bisa meminimalisasi paparan bahan kimia pada kulit.

Kesehatan kulit, tidak sulap didapat tanpa perawatan. Menjaganya adalah tugas kita. Selalu pertimbangkan kebiasaan-kebiasaan, bila hanya menimbulkan kerugian, sudah saatnya ditinggalkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi