Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bagi beberapa orang, tidur adalah aktivitas yang mudah sekali dilakukan. Dengan hanya berbaring di atas kasur atau bersandar di kursi saja, tidur bisa dilakukan Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan seperti ini. Ada beberapa orang sulit sekali tidur dan mengalami insomnia setiap harinya.

5 Kebiasaan Baik yang Memberantas Insomnia

Insomnia cukup mengganggu siklus tidur dan juga aktivitas. Akibat kondisi ini seseorang jadi sering mengantuk di siang hari dan badan selalu merasa lemas. Kalau Anda tidak ingin mengalami kondisi seperti ini, coba lakukan 5 kebiasaan baik di bawah ini.

1. Mandi dengan air hangat

Setelah pulang kerja dan tubuh merasakan lelah, coba lakukan relaksasi sejenak dengan mandi air hangat. Tubuh yang terkena air hangat akan relaks. Anda bisa berendam selama beberapa saat hingga tubuh merasa nyaman. Saat tubuh sudah merasakan nyaman, kantuk akan perlahan-lahan datang.

2. Hindari pengganggu kantuk

Terkadang insomnia tidak hanya terjadi karena Anda memang tidak bisa tidur. Insomnia juga bisa terjadi karena ada pengganggunya. Saat Anda sudah mengantuk lalu bermain ponsel, komputer, atau melihat televisi, rasa kantuk akan mereda karena merasa asyik.

3. Makan malam yang benar

Apa yang dicerna oleh tubuh memengaruhi kondisi kantuk. Kalau ingin tidur dengan cepat jangan mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti gula. Selanjutnya hindari juga gorengan yang sangat berminyak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Berjemur di pagi hari

Berjemur di pagi hari dan mengikuti pola atau siklusnya bisa membuat kita mudah tidur. Misal kita bangun saat pagi, bekerja, dan berhenti saat matahari terbenam. Kalau banyak lembur di malam hari bisa sebabkan gangguan pola tidur.

5. Buat suasana kamar jadi nyaman

Buat sauna kamar menjadi nyaman. Atur kamar dengan meredupkan lampu, memberi wangi tertentu hingga menggunakan cat tembok dengan warna tertentu.

Nah, semoga lima hal di atas bermanfaat untuk Anda yang alam insomnia.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi