DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi lobak? Buah yang memiliki tekstur khas saat dimasak ini identik dengan makanan jepang, tak jarang pula banyak orang mengonsumsinya sebagai bahan dalam sayur sup. Lobak tentu tidak hanya enak dimakan, kandungan gizi yang ada pada lobak juga ternyata sangat beragam. Apa sajakah kandungan gizi lobak?

doktersehat-lobak

Lobak kini sudah cukup mudah kita temukan di pasaran karena kini mulai banyak di produksi di Indonesia.

Dengan tersedianya lobak di pasaran, kita tentu bisa menjadikan lobak menjadi pilihan bahan baku masakan. Tidak hanya jenis sayur yang kita konsumsi menjadi beragam, kita tentu bisa merasakan kandungan gizi unggulan yang ada pada lobak.

Menurut US Departement of Agriculture, kandungan gizi utama lobak adalah:

1. Asam folat

Dibandingkan dengan sayur umbi lain, misalnya wortel, kandungan asam folat dalam 100 gram lobak, yang setara dengan 5 sendok sayur, cukup tinggi yaitu 25 mikrogram asam folat. Asam folat baik untuk pembentukan sel-sel organ vital dalam tubuh.

2. Vitamin C

Jika dilihat dari warnanya, kita tentu beranggapan bahwa sayur berwarna kuning oranye seperti wortel memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi ya? Padahal dalam 100 gram lobak terdapat kandungan vitamin C adalah sebesar 14,8 mg sedangkan wortel hanya sebesar 5,8 mg lo.

3. Kalium

Kandungan kalium yang ada pada 100 gram lobak adalah sebesar 233 miligram kalium. Kalium penting untuk kesehatan otot tubuh.

4. Tinggi cairan

Dalam 100 gram lobak, terdapat 95 gram air. Hal ini membuat lobak termasuk sayur yang tinggi kandungan airnya. Sehingga sedikit banyak asupan air dalam tubuh juga akan semakin meningkat dengan mengonsumsi lobak.

5. Kalsium

Dalam 100 gram lobak, terdapat 25 miligram kalsium. Angka ini ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan sayur jenis lain. Seperti yang kita ketahui kalsium mampu mendukung kesehatan tulang.

Nah, bagaimana, Anda tertarik untuk mulai mengonsumsi lobak?