5 Penyebab Nyeri pada Payudara, Manakah yang Berbahaya?

Payudara Gatal Sebelah Kanan & Payudara Gatal Sebelah Kiri - DokterSehat

DokterSehat.Com – Nyeri payudara yang dialami oleh wanita memiliki banyak jenis. Ada nyeri yang terjadi secara normal dan ada yang terjadi karena penyakit tertentu. Nah, untuk mengetahui apakah sakit yang Anda rasakan pada payudara membutuhkan pengobatan atau tidak simak ulasannya di bawah ini ya.

1. Perubahan hormon dalam tubuh

Sesaat sebelum mengalami menstruasi, wanita akan mengalami PMS yang ditandai dengan kram atau nyeri pada perut. Bersamaan dengan itu, payudara juga ikut sakit dan sedikit kaku sehingga wanita kerap mengeluhkannya.

Gangguan hormon yang menyebabkan payudara jadi sakit adalah sesuatu yang normal. Seiring berjalannya waktu, rasa sakit pada payudara akan menghilang dengan sendirinya sehingga tidak perlu pengobatan dari dokter.

2. Alergi pada produk perawatan kulit

Payudara juga memiliki permukaan kulit yang sensitif pada sentuhan dan juga produk perawatan kulit. Kalau sabun mandi, lulur, pelembut pakaian, hingga detergen yang Anda gunakan mengandung bahan berbahaya, payudara bisa mengalami iritasi hingga infeksi.

Untuk mengatasi gangguan ini, Anda bisa membeli krim antiradang yang banyak tersedia di apotek. Namun, kalau radang pada payudara semakin parah, segera bawa ke dokter.

3. Gesekan pakaian atau bra

Selalu gunakan pakaian atau bra dengan bahan yang lembut untuk menghindari gesekan. Kalau payudara sudah terkena gesekan, segera obati dengan krim antiradang atau hindari menggunakan payudara yang tidak nyaman.

4. Gigitan pada payudara

Gigitan pada payudara terjadi karena gigitan bayi yang sedang menyusui atau rangsangan seksual yang terlalu berlebihan. Akibatnya, payudara akan mengalami luka atau bengkak sehingga rasa sakitnya kerap tidak tertahankan. Gangguan ini tidak perlu mendapatkan pengobatan karena bisa sembuh dengan sendirinya.

5. Kanker payudara yang menyebar

Kanker payudara menyebabkan rasa sakit dan muncul benjolan yang tidak biasa. Kalau Anda sudah mendapatkan kondisi ini, segera periksakan kesehatan ke dokter dan jangan ditunda lagi.

Nah, dari lima gangguan di atas, pasti Anda kerap merasakan yang nomor satu setiap bulannya. Benar tidak?