Terbit: 18 November 2019 | Diperbarui: 20 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan sering dialami oleh wanita. Semua wanita pasti akan takut dengan penyakit tersebut karena mematikan. Tanda-tandanya yang samar membuat wanita sulit untuk mendeteksinya. Untuk itu, mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat yang dapat mencegah penyakit kanker payudara seperti berikut ini.

makan-ngemil-kacang-doktersehat

  • Blueberry

Blueberry merupakan buah yang masih termasuk dalam golongan buah berry. Memang, untuk mendapatkan buah ini tidak semudah dengan mendapatkan buah apel di pasar. Namun, buah ini kaya dengan zat antioksidan yang dapat menjaga sel dalam tubuh dan juga dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan.

  • Telur

Siapa yang tidak suka telur? Telur merupakan salah satu makanan cukup populer di Indonesia. Makanan ini mengandung banyak protein. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa telur juga mampu mencegah penyakit kanker payudara karena telur merupakan sumber vitamin D. Menurut American Association for Cancer Research, telur dapat mencegah kanker payudara sekitar 50 persen.

  • Brokoli

Tidak semua orang menyukai jenis sayur ini padahal brokoli sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jika Anda tidak menyukai sayur ini, mulai sekarang sebaiknya Anda menyukainya. Karena, di dalam brokoli mengandung senyawa yang disebut sulforaphane yang dapat meningkatkan enzim pelindung guna membersihkan tubuh dari bahan kimia penyebab kanker, terutama kanker payudara.

  • Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang selalu digunakan pada setiap masakan. Bawang putih mengandung allicin fitokimia yang akan meningkatkan sistem imun yang membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh Anda. Selain itu, bawang putih juga diyakini bisa meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

  • Kacang-Kacangan

Kacang-kancangan yang sering kita makan di waktu ternyata juga dapat membantu mencegah kanker payudara. Khususnya, kacang hitam dan biru aponin, protease inhibitor, dan asam fitat yang semuanya dapat membantu mencegah atau menghambat pertumbuhan kanker.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi