Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar tentang berbagai manfaat unik yang ada pada buah dan sayur, kan? Umumnya berbagai manfaat yang ada pada bahan makanan dari tanaman mampu memberikan manfaat khusus. Hal ini disebabkan adanya kandungan fitonutrien.

5 Jenis Fitonutrien yang Menyehatkan Tubuh

Fitonutrien adalah zat kimia alami yang ada pada bahan makanan segar, umumnya ada cukup banyak pada buah, sayur, biji-bijian serta kacang-kacangan.

Fitonutrien ini sebenarnya bukan zat yang harus dipenuhi kebutuhannya oleh tubuh, namun dengan adanya fitonutrien pada tubuh maka fungsi organ dan sistem tubuh akan sangat terdukung.

Lalu apa saja jenis fitonutrien itu? Tentu ada cukup banyak jenis dan turunan bentuk fitonutrien, menurut WebMD ada lima jenis fitonutrien yang ada cukup banyak pada bahan makanan, yaitu:

  1. Karotenoid

  2. Karotenoid ini membentuk zat warna pada buah dan sayur alami. Fungsinya adalah mendukung vitamin A untuk kesehatan mata. Beberapa jenis karotenoid adalah alfa-karoten, beta karoten, beta-kriptosantin, likopen, serta lutein dan zeaxanthin.

  3. Asam alegat

  4. Asam alegat ada pada buah jenis beri misalnya stroberi, rasberi serta delima. Fungsi dari asam alegat adalah mencegah kanker dengan melindungi organ tubuh.

  5. Flavonoid

  6. Cukup sering kita dengar, flavonoid memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit asma serta penyakit jantung. Beberapa jenis flavonoid adalah katekin yang ada pada the, hesperidin yang ada pad buah-buahan asam serta flavonol yang ada pada apel dan bawang.

  7. Resveratol

  8. Fitokimia ini banyak ditemukan pada buah anggur yang berfungsi sebagai anti peradangan pada tubuh sehingga baik untuk mencegah kanker.

  9. Fitoestrogen

  10. Fitoestrogen yang ada pada kacang-kacangan, biji rami dan biji wijen memiliki banyak manfaat untuk mengurangi kanker serta pengeroposan tulang pada wanita.

Nah, itu dia lima jenis zat fitonutrien yang ada pada bahan makanan alami. Jadi selain vitamin dan mineral, kandungan fitonutrien juga sangat bermanfaat untuk tubuh, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi