Terbit: 4 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar bahwa biji-bijian baik untuk kesehatan tubuh. Ada cukup banyak jenis biji-bijian yang mudah kita temukan, kira-kira apa saja yang memang terbukti sehat dan perlu kita konsumsi?

5 Jenis Biji-Bijian Sehat Yang Perlu Anda Konsumsi

Biji-bijian umumnya adalah bagian inti dari bagian tanaman, buah atau sayur. Tidak semua biji-bijian umum dikonsumsi, namun ada biji-bijian yang terbukti sehat untuk tubuh, bahkan beberapa jenis biji-bijian dianggap sebagai pangan fungsional yang sudah terbukti manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Lalu, biji-bijian apa saja yang terbukti sehat dan perlu untuk kita konsumsi?

WebMD menyebutkan ada lima jenis biji-bijian yang baik untuk kesehatan, yaitu:

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Biji chia

  2. Chia merupakan biji dari tanaman salvia yang terbukti memiliki kandungan lemak yang baik untuk tubuh. Chia bisa kita gunakan untuk tambahan atau topping berbagai olahan minuman seperti jus atau sari buah. Penggunaannya dalam jumlah banyak bisa ditambahkan sebagai bahan baku puding.

  3. Biji labu

  4. Kandungan mineral magnesium pada biji labu mampu mendukung kesehatan organ jantung hingga otot tubuh. Biji labu yang dipanggang bisa kita konsumsi sebagai campuran sereal, salad atau bahkan kita konsumsi sebagai camilan.

  5. Flaxseed atau biji rami

  6. Biji rami terkenal memiliki kandungan omega-3, maka dari itu tak heran jika olahan biji rami yang terkenal adalah minyak biji rami. Biji rami utuh mampu bisa digunakan sebagai topping salad atau bahan baku campuran roti.

  7. Biji bunga matahari

  8. Vitamin E menjadi kandungan unggulan biji bunga matahari, selain itu kandungan lemak tidak jenuhnya juga cukup tinggi. Campurkan biji bunga matahari dalam jus atau konsumsi secara langsung sebagai camilan.

  9. Biji wijen

  10. Sering menganggap remeh biji wijen di atas roti burger? Ternyata biji wijen memiliki kandungan lemak yang mampu menurunkan kolesterol dan kaya serat lo. Konsumsi biji wijen dalam jumlah banyak bisa ditambahkan dalam berbagai olahan sayuran.

Nah, itu dia lima jenis biji-bijian yang kaya akan manfaat dan menyehatkan tubuh, biji-bijian ini kecil-kecil tapi ternyata banyak manfaatnya ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi