Terbit: 30 Januari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi kebanyakan dari kita, hobi adalah komponen penting dalam kehidupan pribadi kita, tapi tahukah Anda bahwa hobi yang anda lakukan bisa menjadi baik untuk kesehatan mental dan fisik kita?

5 Hobi Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan dan Kebahagiaan Anda

Hobi memberikan penggunaan waktu luang yang memuaskan dan produktif, dan identitas inti kita sering terikat dalam kepentingan yang kita pilih untuk dilakukan saat kita tidak bekerja, tidur, atau menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai.

Tentu, sebagian besar dari kita mengambil hobi karena kita menikmatinya. Tapi, saat Anda akan mencari tahu, mungkin ada lebih banyak hiburan Anda daripada faktor menyenangkan.

Ada lima hobi yang bisa memberi dorongan kesehatan untuk tubuh dan mental Anda, seperti dilansir dari Medical News Today berikut ini.

1. Menari sebagai olahraga yang menyenangkan
Menari memiliki berbagai macam manfaat kesehatan dan ini adalah cara mudah untuk berolahraga bagi kebanyakan orang. Pikirkanlah, Anda tidak memerlukan banyak peralatan untuk menari, yang diperlukan hanya kaki Anda, beberapa nada, dan lebih disukai satu atau dua orang teman.

Menari dengan gerakan lembut pada tubuh. Anda dapat mendorong diri Anda sekeras yang Anda inginkan atau menetap ke dalam alur yang nyaman yang tepat untuk Anda. Dan siapapun bisa menari!

Bahkan jika Anda malu berdiri di lantai dansa, hampir semua orang senang menari mengikuti irama musik, namun jika nyaman menari di rumah sendiri, tidak ada salah. Lakukan saja apa yang menurut Anda terasa baik!

Menari adalah kegiatan sosial, dan kita tahu bahwa menjaga sosial secara aktif penting untuk kesejahteraan umum, yang terpenting menari itu menyenangkan. Ini adalah latihan yang bebas dari rasa sakit dan memberi energi. Tapi bagaimana, secara khusus, apakah menari membuat kita tetap sehat?

Menari adalah latihan kardio yang sangat baik, dan semua orang tahu bahwa latihan kardio membantu memperbaiki kesehatan kardiovaskular, meningkatkan stamina, dan memperkuat tulang dan otot.

Menari juga bagus untuk kesehatan otak. Sebuah studi di New England Journal of Medicine melaporkan adanya hubungan antara menari reguler dan penurunan risiko demensia sebesar 76 persen.

2. Berkebun baik untuk otak
Berkebun mungkin awalnya tidak seperti berolahraga, namun penelitian telah melaporkan bahwa banyak manfaat kesehatan tak terduga dikaitkan dengan menjaga kebun Anda agar teratur.

Pertama, tindakan sederhana untuk menarik gulma, menanam, dan meraih alat semuanya berkontribusi pada latihan aerobik yang halus, yang kita tahu membantu kerja otot dan meningkatkan kekuatan, stamina, dan fleksibilitas.

Selain itu, berada di luar rumah hanya baik untuk Anda. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan di PLOS One menemukan bahwa berkebun dan bersepeda teratur mengurangi kemungkinan kekurangan vitamin D pada orangtua.

Ada hubungan antara penurunan risiko demensia dan berkebun, dengan satu studi melaporkan risiko demensia 36 persen lebih rendah di antara orang-orang yang berkebun setiap hari.

Baik berkebun juga dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung dan stroke hingga 30 persen pada tahun 2013, yang dilakukan oleh Institut Karolinska di Stockholm, Swedia.

3. Menulis bisa menyembukan luka
Tentunya duduk di meja dengan laptop atau pulpen dan kertas tidak bisa baik untuk kesehatan Anda?

Menulis telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan mental dan fisik, termasuk perbaikan ingatan, tingkat stres, dan tidur.

Beberapa penelitian, misalnya, telah menemukan bahwa menulis tentang pengalaman mereka membantu pasien kanker untuk menyembuhkannya, membantu pasien untuk menahan stres dan berpotensi berkontribusi terhadap hasil fisik yang lebih baik.

Secara keseluruhan, menulis adalah alat yang hebat untuk ekspresi diri, dan saat menulis tentang trauma bisa bersifat katarsis, ada juga kemungkinan manfaat sosial dalam menulis untuk khalayak publik. Blogging, misalnya, dapat membantu orang membangun hubungan baru dan membangun komunitas seputar kepentingan mereka.

4. Musik adalah obat
Bermain dan mendengarkan musik juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Pada tahun 2013, Medical News Today melaporkan tinjauan skala besar pertama atas makalah penelitian yang mempelajari pengaruh musik pada neurokimia.

Kajian tersebut menyarankan agar musik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tingkat stres, kecemasan, dan mengurangi depresi.

Di antara pasien yang menunggu operasi, mendengarkan musik ternyata lebih efektif dalam mengurangi kecemasan daripada obat resep, dan mendengarkan serta memainkan musik dikaitkan dengan tingkat kortisol hormon stres yang lebih rendah.

Untuk mendapatkan gambaran tentang berapa banyak musik yang menggairahkan otak kita, sebuah penelitian di tahun 2011 juga membandingkan respons otak terhadap musik dengan reaksinya terhadap makanan dan seks, karena perasaan menyenangkan yang berasal dari ketiganya didorong oleh pelepasan dopamin neurotransmitter.

5. Hewan peliharaan bagus untuk jantung
Hewan peliharaan dari semua jenis bisa menjadi sahabat yang luar biasa, dan mereka dapat membantu kita menjadi lebih sehat dalam banyak hal.

Memiliki hewan peliharaan mungkin tidak hanya memberi kesempatan berolahraga, kegiatan di luar ruangan dan sosialisasi, juga dapat membantu menurunkan:

  • Tekanan darah
  • Kadar kolesterol
  • Trigliserida tingkat
  • Perasaan kesepian

Jika Anda memiliki hobi reguler yang Anda sukai, mengapa tidak meluangkan waktu memikirkan bagaimana Anda bisa menerapkan aktivitas hobi Anda untuk meningkatkan kesehatan Anda?

Jika Anda berpikir untuk mengambil hobi baru, maka kami berharap artikel ini memberi Anda beberapa gagasan tentang bagaimana menjadi lebih sehat dan menyenangkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi