Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menyusui merupakan hal alami yang terjadi pada ibu. Namun menyusui tidak semudah yang dibayangkan. Kadang proses menyusui harus mengalami beberapa gangguan. Maka tidak heran jika banyak wanita melakukan kesalahan-kesalahan kecil selama menyusui. Apa saja kesalahan tersebut?

5 Hal yang Sering Dilupakan Ibu Menyusui

Kesalahan kecil yang sering dilakukan oleh ibu menyusui

Dikutip dari Mom Junction, ada beberapa kesalahan kecil yang sering dilakukan ibu saat menyusui, yaitu:

1. Tidak memompa ASI secara teratur
Saat para pakar laktasi menyarankan pada Anda untuk memompa ASI secara teratur, saran tersebut ada benarnya. Jika Anda lama tidak mengeluarkan ASI, maka payudara akan terasa penuh. Pada kondisi ini protein whey yang terkandung pada ASI akan mengirim sinyal bahwa Anda memproduksi susu berlebihan sehingga secara perlahan akan menurunkan produksi ASI. Karena itu sebaiknya jangan menunggu payudara penuh baru Anda memompa, namun tetapkan jadwal tertentu untuk memompa agar menjaga produksi ASI.

2. Belum menguasai pelekatan dengan baik
Salah satu kunci utama keberhasilan menyusui adalah menguasai pelekatan dengan baik. Tidak perlu khawatir jika Anda belum menguasai pelekatan pada minggu pertama kelahiran bayi. Menyusui membutuhkan latihan yang mungkin saja memakan waktu lama.

3. Tidak menyusui di saat malam
Kadang saat malam hari, anak Anda pasti terbangun untuk menyusu. Namun jika Anda terlalu lelah, kadang memilih untuk tidak bangun dan menyerahkan urusan menyusui pada suami menggunakan ASIP atau sufor. Kebiasaan ini juga akan memengaruhi produksi ASI yang dalam jangka panjang dapat berdampak pada berkurangnya produksi ASI.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Membiarkan si kecil tidur terlalu lama
Bayi memiliki jam tidur yang cukup lama, sekitar 12-16 jam per hari. Kadang ibu tidak tega membangunkan anak meskipun sudah memasuki jadwal untuk menyusu. Setidaknya bangunkan anak setiap 3-4 jam untuk menyusu agar kebutuhan ASInya terpenuhi.

5. Tidak menjaga pola makan
Pola makan menentukan kesehatan dan produksi ASI Anda, Mom. Jadi pastikan selama menyusui Anda mengonsumsi makanan sehat ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi