Terbit: 30 Maret 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Pore pack atau nose pack adalah produk yang kian populer untuk menghilangkan komedo membandel pada area hidung. Yuk, ketahui selengkapnya tentang fakta, manfaat, hingga cara menggunakannya!

Pore Pack: Produk untuk Mengangkat Komedo, Cara Menggunakan, dll

Apa Itu Pore Pack?

Pore pack adalah produk perawatan kulit yang digunakan untuk mengangkat komedo yang menumpuk pada pori-pori kulit wajah, terutama bagian hidung. Komedo memiliki dua jenis, yakni komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead).

Nose strip ini biasanya terbuat dari bahan tenun yang dilapisi perekat, sehingga strip dapat menempel pada kulit yang basah sekalipun. Setelah menempelkannya pada wajah, nose strip akan mengering dalam waktu 10-15 menit, kemudian menariknya untuk mengangkat komedo yang akan terlihat menempel pada strip.

Fakta Tentang Pore Pack

Apakah Anda sering menggunakan nose pack? Atau enggan menggunakannya karena berbagai kabar negatif tentang penggunaan produk ini? Apapun itu, tidak ada salahnya jika kita mengkaji lebih dalam tentang nose strip yang mampu mengangkat komedo. Pasalnya, selama ini memang banyak persepsi salah tentang nose pack. Apa saja fakta unik tentangnya?

Berikut ini beberapa fakta tentang pore pack:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

1. Mengangkat Komedo

Manfaat utama nose strip adalah membantu menghilangkan komedo baik blackhead maupun whitehead. Ini juga dapat mengangkat sel kulit mati, rambut halus, dan kotoran. Setelah mengangkat strip yang sudah mengering dari hidung, komedo dan lainnya akan memenuhi strip.

2. Menghilangkan Bukan Mencegah

Manfaat pore pack hanya akan terbebas dari komedo untuk sementara dan tidak selamanya, karena komedo akan kembali muncul dalam beberapa minggu. Ingat, fungsi produk ini hanya akan menghilangkan komedo dan bukan mencegahnya untuk kembali.

3. Anda Bisa Membuatnya Sendiri

Bukan produk eksklusif, ternyata nose strip bisa buat sendiri. Strip bisa dibuat dari potongan kain perca dan bahan untuk adhesive, merupakan campuran buttermilk, putih telur, dan gelatin atau madu.

Setelah bahan-bahan tersebut tercampur sempurna, oleskan pada strip dan tempelkan pada hidung. Biarkan sampai mengering, kemudian angkat strip dari hidung dan lihat hasilnya.

4. Mudah Digunakan

Jika ada yang bilang bahwa cara pakai pore pack susah, itu jelas keliru. Memakai produk ini sangat mudah karena hanya menempelkannya ke hidung, membiarkannya beberapa menit, tarik secara perlahan dan komedo akan terangkat.

5. Jangan Menggunakannya Terlalu Sering

Meskipun sangat berguna mengangkat komedo, sebaiknya jangan menggunakannya terlalu sering. Jika terlalu sering, ada kemungkinan kulit akan sangat sensitif dan mudah terluka. Cobalah pertimbangkan kondisi kulit untuk menghindari masalah yang tidak Anda inginkan.

Produk ini aman selama menggunakannya dengan benar. Pilihkan pore pack yang bagus dan sesuai dengan kondisi kulit, dan jangan menggunakannya saat kulit sedang sensitif atau terluka.

Baca Juga: Blackhead (Komedo Hitam): Penyebab dan 15 Cara Menghilangkannya

Cara Pakai Nose Strip yang Benar

Meskipun mampu menghilangkan komedo dan membuat pori-pori tampak lebih kecil untuk sementara waktu, penting untuk memerhatikan bahwa produk ini dapat membuat pori-pori terpapar kotoran dan minyak yang berpotensi menyebabkan peradangan.

Berikut ini cara pakai pore pack yang benar dan aman:

1. Membersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Hal yang terpenting sebelum menggunakannya adalah mencuci wajah dan tangan sampai bersih. Jangan sampai pori-pori terkena minyak dari jari-jari atau seluruh wajah.

Gunakan jari dengan lembut untuk mengoleskan pembersih berbahan dasar air dan bilas. Tepuk-tepuk wajah sampai kering dengan handuk, pastikan untuk tidak menggosok kulit.

2. Ikuti Petunjuk Penggunaan Nose Pack

Untuk melepas strip dengan aman dari kemasan, ikuti petunjuk yang disertakan pada produk. Berikut ini cara menerapkannya:

  • Menempelkan strip pada hidung yang masih lembap setelah mencucinya.
  • Tekan strip secara perlahan agar merekat pada hidung
  • Biarkan perekat strip mengeras sekitar 10-15 menit. Jangan terlalu lama karena berisiko melukai bagian atas kulit.
  • Tarik strip secara perlahan dan komedo akan terlihat menempel pada strip.

3. Menggunakan Nose Strip di Malam Hari

Jika ingin menggunakannya untuk persiapan menghadiri acara, gunakanlah pada malam sebelumnya. Dengan cara ini, kulit dapat pulih dalam semalam dan memulihkan minyak alami sehingga tidak mengiritasi area tersebut dengan riasan, paparan sinar matahari, atau polusi.

4. Menggunakan Produk Nonkomedogenik

Setelah melepas nose strip dengan hati-hati, pasti Anda ingin melakukan rutinitas perawatan kulit dengan produk nonkomedogenik. Ini adalah produk yang tidak akan menyumbat pori-pori penyebab jerawat. Jika sangat khawatir pori-pori terisi kembali oleh kotoran dan minyak, oleskan perawatan antijerawat sebelum menggunakan pelembap ringan.

Baca Juga: 15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Cepat

Apakan Pore Pack Bisa Mengecilkan Pori-Pori?

Penting untuk Anda ketahui bahwa tidak ada cara nyata untuk menghilangkan pori-pori. Bagaimanapun, pori-pori memiliki fungsi yang sangat penting bagi kulit, termasuk menahan folikel rambut, mengumpulkan minyak, dan mengeluarkan keringat.

Meskipun mungkin tidak dapat membersihkan pori-pori kulit, menggunakan nose strip dapat membuat pori-pori tampak lebih kecil untuk sementara waktu. Dengan menghilangkan komedo, strip menghilangkan penyumbatan dari kotoran berwarna hitam atau kecokelatan.

Ini pada akhirnya dapat membantu membuat pori-pori tampak mengecil atau hilang. Namun, efek ini hanya bersifat sementara dan pori-pori kemungkinan besar akan kembali terisi dengan dengan komedo atau kotoran dalam beberapa minggu.

Apakah Pore Pack Merusak Kulit?

Belum banyak penelitian tentang manfaat nose strip, sehingga banyak informasi yang saling bertentangan tentang apakah produk ini baik atau buruk. Secara umum, sebagian mengklaim bahwa nose strip hidung dapat menghilangkan lebih dari sekadar komedo, membersihkan pori-pori seluruhnya dari filamen sebaceous (penumpukan sebum dan sel kulit mati).

Filamen sebaceous melapisi pori-pori dan menjaga keseimbangan minyak yang sehat pada kulit, sehingga tidak sepenuhnya buruk. Saat filamen sebaceous terangkat, pori-pori bisa terkena kotoran dan minyak yang mengiritasi.

Produk ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko kosmetik, apotek, minimarket, atau secara online. Harga pore pack bervariasi untuk setiap toko. Harganya mulai dari Rp12.000 hingga Rp 32.000.

  1. Anderson, Jen. 2020. Nose Strips for Blackheads and Pores: Good or Bad?. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/nose-strips (Diakses pada 30 Maret 2021)
  2. Malin, Zoe. 2020. How pore strips really work, according to dermatologists. https://www.nbcnews.com/shopping/skin-care/do-pore-strips-work-remove-blackheads-n1233332#anchor-Whatareporestripsandhowdotheywork (Diakses pada 30 Maret 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi