Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudahkah Anda memenuhi kebutuhan vitamin Anda? Dengan konsumsi makanan seimbang dan bervariasi kebutuhan vitamin bisa tercukupi dengan baik. Namun, ada lo beberapa kondisi di mana tubuh secara otomatis menjadi kekurangan vitamin.

5 Hal yang Menyebabkan Tubuh Kekurangan Vitamin

Menurut pakar kesehatan dan gizi dari Academy for Micronutrient Medicine, Uwe Grober, beberapa hal yang kerap menyebabkan tubuh kekurangan vitamin kerap tidak disadari karena merupakan hal yang umum terjadi.

Untuk itu kita perlu mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin, diantaranya adalah:

1. Penggunaan obat-obatan

Obat yang diminum dalam 3-7 hari dapat memengaruhi penyerapan atau ketersediaan vitamin dalam tubuh, misalnya antasid atau antibiotik. Obat yang harus diminum rutin dalam jangka waktu lama untuk mengontrol kondisi kesehatan, misalnya obat kontrasepsi oral atau obat kemoterapi, tentu akan lebih memengaruhi beberapa vitamin dalam tubuh.

Untuk itu penting bagi kita mengetahui vitamin apa saja bisa terganggu akibat konsumsi obat rutin tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Peningkatan kebutuhan karena suatu kondisi

Kebutuhan vitamin akan meningkat pada beberapa kondisi tertentu, misalnya kehamilan, menyusui, masa pertumbuhan atau lansia. Selain itu peningkatan aktivitas fisik atau mental, misalnya berolaharaga atau stres juga akan berpengaruh.

Jika peningkatan kebutuhan vitamin tidak disadari dan dipenuhi kebutuhannya maka tentu tubuh tidak tercukupi pemenuhannya.

3. Adanya penyakit

Adanya virus, bakteri, atau kondisi medis tertentu, misalnya diabetes, demam, anemia, gagal ginjal, atau diare, akan meningkatkan kebutuhan vitamin.

Apalagi pada kondisi sakit asupan makan umumnya menjadi berkurang. Hal ini yang menyebabkan tubuh menjadi rentan kekurangan vitamin. Kondisi ini juga bisa diperparah dengan konsumsi obat-obatan yang bisa memengaruhi penyerapan vitamin.

4. Konsumsi alkohol dan merokok

Asupan alkohol dan dan zat dari rokok akan menyebabkan berbagai vitamin berkurang, utamanya vitamin B1 dan asupan antioksidan pada tubuh.

5. Lingkungan yang tidak sehat

Kondisi lingkungan yang tercemar, misalnya paparan polusi baik dari tanah, air, udara atau radiasi bisa menyebabkan tubuh kekurangan vitamin.

Itu dia kelima kondisi di mana asupan vitamin rentan tidak terpenuhi, jadi waspadai kelima hal diatas agar asupan vitamin tubuh selalu terpenuhi ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi