Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sebenarnya ukuran testis pria sebelah kiri dan kanan memang berbeda dan tidak identik. Namun, kalau perbedaan ukuran ini cukup signifikan dan disertai rasa sakit yang tidak nyaman, berarti sedang ada gangguan pada testis.

5 Hal yang Menyebabkan Testis Besar Sebelah

Kalau Anda ingin tahu ada gangguan pada testis atau tidak, coba cek saat sedang relaks atau cuaca sedang hangat. Kalau testis sakit saat dipegang dan ukurannya berbeda, beberapa gangguan di bawah ini bisa jadi penyebabnya.

  1. Hidrokel

Hidrokel adalah penumpukan cairan yang cukup masif di dalam skrotum atau kantung zakar. Penumpukan cairan ini biasanya tidak memberikan efek apa-apa khususnya kesuburan. Namun, seiring dengan bertambahnya usia hidrokel akan membesar dan menyebabkan peradangan. Operasi dibutuhkan untuk mengatasi kondisi ini.

  1. Epididimitis

Epididimitis adalah peradangan pada saluran penyimpan sperma atau epididimis. Peradangan yang terjadi pada saluran ini biasanya disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore.

  1. Varikokel

Varikokel adalah varises yang terjadi pada pembuluh darah vena di sekitar testis. Varikokel bisa menyebabkan testis jadi sakit saat digunakan untuk duduk. Selanjutnya, gangguan ini juga bisa menyebabkan rendahnya kualitas dan kuantitas dari sperma yang dihasilkan..

  1. Torsio testis

Torsio testis adalah kondisi terpelintirnya testis yang cukup parah. Kondisi ini bisa menyebabkan aliran darah ke testis jadi terganggu dan menyebabkan adanya nyeri hebat yang menyiksa.

  1. Kanker testis

Kanker testis sebenarnya jarang terjadi pada pria. Namun, kondisi ini bisa saja terjadi kalau gaya hidup dari pria tidak mendung. Misal pria yang sering mengonsumsi alkohol, rokok, dan makanan tidak sehat. Kanker testis bisa menyebabkan gangguan pada pria khususnya kemampuan seksual dan reproduksi.

Inilah lima hal yang menyebabkan testis besar sebelah dan berbahaya pada pria. Mari lebih waspada dengan kesehatan alat vital kita.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi