5 Hal yang Menyebabkan Alis Rontok

Alis-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Orin Zebest

DokterSehat.Com– Alis tebal dengan bentuk yang rapi tengah menjadi trend saat ini. Tidak heran ketika terjadi masalah seperti alis rontok, beberapa orang akan menjadi panik dan mencoba berbagai cara untuk menghentikan kerontokan tersebut. Namun, sebelum Anda mulai mencoba cara-cara untuk mengembalikan alis Anda, ketahui dulu apa yang menyebabkan alis anda rontok.

Photo Credit: Flickr.com/Orin Zebest

1. Mencabut Alis Berlebihan

Mencabut alis adalah salah satu cara untuk menjaga agar bantuknya tetap rapi dan cantik. Sayangnya, mencabut alis secara berlebihan justru akan membuat alis Anda mudah rontok. Rambut alis yang dicabut terlalu sering lama kelamaan akan merusak folikel rambut. Folikel yang rusak tidak akan mempu menghasilkan rambut baru.

2. Stress

Seperti yang dilansir dari Stylecraze.com, stres juga dapat memicu kerontokan rambut yang bahkan bisa mempengaruhi alis Anda. Telogen effluvium adalah kondisi ketika stress menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Tidak hanya terjadi para rambut saja, alis juga bisa terpengaruh oleh kondisi ini.

3. Memiliki Masalah Kulit

Masalah kulit seperti eksim, psoriasis, seborrheic dermatitis, atau infeksi pada folikel rambut dapat menyebabkan rasa gatal, kemerahan dan peradangan di sekitar alis. Menggaruk kulit di sekitar area masalah kulit ini bisa menyebabkan alis rontok.

4. Kekurangan Nutrisi

Apa yang Anda konsumsi setiap hari mempengaruhi kondisi tubuh Anda termasuk alis. Kerontokan rambut di daerah kepala atau alis bisa menjadi pertanda bahwa Anda kekurangan nutrisi seperti zat besi, zinc, protein, vitamin D, vitamin B12, biotin, dan asam lemak omega-3.

5. Gangguan Fungsi Tiroid

Kelenjar tirodi mengatur berbagai fungsi tubuh dengan melepaskan hormon. Ketika fungsinya terganggu, hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut Anda termasuk kondisi kerontokan rambut serta alis.

Nah, itu tadi beberapa hal yang dapat membuat alis rontok. Namun, masih ada berbagai penyebab lain yang membuat Anda mengalami kerontokan alis. Sebelum mulai mencoba-coba DIY untuk mengembalikan kondisi alis Anda, pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu penyebab alis Anda rontok.