Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda perhatikan bahwa wanita memiliki lebih banyak kondisi yang sangat memengaruhi kebutuhan gizinya? Misalnya saja pada beberapa kondisi terkait reproduksi seperti menstruasi atau hamil. Ya, wanita memiliki kebutuhan gizi yang berbeda dari para pria, dan ternyata masih ada cukup banyak hal yang bisa memengaruhi kebutuhan gizi wanita lo.

5 Hal Yang Memengaruhi Kebutuhan Gizi Wanita

US Departement of Health and Human Services menyebutkan lima hal yang perlu diperhatikan agar asupan gizi wanita selalu terpenuhi, lima hal tersebut adalah:

1. Kebutuhan kalori

Dibandingkan dengan pria, wanita membutuhkan lebih sedikit kalori. Hal ini disebabkan komposisi tubuh wanita yang memiliki lebih banyak massa lemak. Umumnya kebutuhan kalori wanita antara 1600 hingga 2400 kalori, hal ini dipengaruhi oleh kondisi fisik, yaitu tinggi dan berat badan, usia dan aktivitas fisik.

2. Kebutuhan metabolisme

Mirip dengan kebutuhan kalori, kebutuhan metabolisme adalah kebutuhan dasar tubuh. Pada wanita kebutuhan metabolismenya lebih sedikit dari pria. Namun hal ini harus diimbangi dengan pemenuhan gizi tertentu yang harus selalu tercukupi.

3. Kebutuhan vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral menjadi penting, utamanya kebutuhan kalsium, zat besi dan asam folat. Kalsium mencegah osteoporosis karena pada wanita yang hamil kalsiumnya digunakan untuk janin, zat besi rentan hilang karena menstruasi sedangkan asam folat mendukung fungsi sel dasar tubuh wanita.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Kesehatan reproduksi

Menstruasi, persiapan hamil, masa hamil, menyusui hingga masa menopause. Kondisi reproduksi wanita tersebut membuat asupan gizi wanita harus selalu mendapatkan perhatian agar mendukung tercukupinya kebutuhan gizi dan kesehatan tubuh wanita.

5. Masalah kesehatan

Berkaitan dengan poin sebelumnya, wanita rentan mengalami osteoporosis, anemia hingga alergi. Pada kondisi ini wanita harus memenuhi kebutuhan gizinya baik dari asupan makan atau suplementasi serta berkonsultasi dengan dokter, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi