Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Pap Smear adalah prosedur yang dijalani wanita untuk menghindari tumbuhnya sel kanker di area serviks. Metode ini dilakukan dengan mengambil sampel jaringan di serviks yang merupakan tempat kanker tumbuh dan akhirnya menimbulkan masalah kesehatan yang cukup fatal pada wanita.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Pap Smear

Prosedur Pap Smear biasanya dilakukan setiap 3 tahun sekali. Dengan melakukan pengecekan rutin, jumlah penderita kanker serviks bisa ditekan dengan besar. Kalau Anda belum pernah atau mungkin akan melakukan Pap Smear lagi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar prosesnya bisa berjalan dengan aman dan lancar.

  1. Jangan bercinta dahulu

Sebelum melakukan Pap Smear, jangan bercinta dengan pasangan minimal 24 jam. Saat bercinta dengan pasangan gesekan yang terjadi pada vagina bisa mengganggu pengecekan sel di serviks. Selain itu, sel sperma yang ikut masih dikhawatirkan bisa mengubah struktur sel yang akan diteliti.

  1. Tidak sedang menstruasi

Pemeriksaan Pap Smear akan berjalan dengan lancar kalau wanita tidak sedang menstruasi. Biasanya pemeriksaan dilakukan 4-5 hari sebelum menstruasi tiba. Kalau saat pemeriksaan mendadak perdarahan menstruasi terjadi, Anda harus menunggunya sampai usai.

  1. Tidak menggunakan cairan pembersih vagina

Cairan pembersih vagina yang digunakan di luar atau di dalam dengan sistem douching akan mengganggu flora normal. Selain itu, zat yang terkandung di dalamnya bisa saja memengaruhi sel di sekitar vagina dan serviks.

  1. Dilakukan mereka yang sudah menikah

Pengecekan Pap Smear direkomendasikan untuk mereka yang sudah menikah. Hal ini wajib diperhatikan karena pemeriksaan dilakukan dengan memasukkan alat yang dikhawatirkan bisa merobek hymen atau selaput dara.

  1. Kandung kemih sedang kosong

Usahakan pemeriksaan dilakukan setelah Anda berkemih atau kondisi kandung kemih sedang kosong. Hal ini wajib dilakukan agar saat pemeriksaan Anda bisa nyaman.

Semoga ulasan tentang Pap Smear di atas bermanfaat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi