Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kehamilan tentunya jadi momen yang membanggakan bagi orang tua. Kehamilan adalah kebahagiaan yang seharusnya dinikmati bukan hanya ibu saja, namun juga ayah. Karena itu tidak ada salahnya jika ayah juga ikut berpartisipasi mendampingi ibu selama kehamilan.

5 Hal yang Bisa Dilakukan Ayah Untuk Menyiapkan Persalinan

Persiapan yang bisa dilakukan ayah selama menyambut kelahiran si kecil

Semakin besar usia kehamilan, ibu membutuhkan banyak bantuan dan dukungan untuk menjalani kehamilan. Dukungan dari ayah tentu akan banyak memberi semangat bagi ibu. Beberapa yang bisa dilakukan ayah antara lain:

1. Mengikuti kelas prenatal

Ada banyak manfaat mengikuti kelas prenatal, terutama bagi pasangan yang baru memiliki anak untuk pertama kalinya. Dalam kelas prenatal ini umumnya orang tua akan banyak belajar mengenai kehamilan, persalinan, dan perawatan bayi. Mendampingi ibu di kelas prenatal selain menambah pengetahuian juga dapat meningkatkan bonding antara ibu dan ayah ketika menjadi orang tua.

2. Membeli kebutuhan si kecil

Ayah bisa mendampingi ibu untuk membeli beberapa kebutuhan si kecil mulai dari boks bayi, baju bayi, hingga perlengkapan bayi lainnya. Menyatukan selera ibu dan ayah untuk keperluan si kecil pasti akan sangat menyenangkan.

3. Membantu memijat ibu

Semakin mendekati usia kelahiran, ibu mungkin mengalami keluhan seperti pinggang sakit, kaki nyeri atau bengkak. Jika ayah mau memberi pijatan untuk meredakan keluhan tersebut tentu akan membuat ibu merasa lebih nyaman.

4. Mencari tahu tentang persalinan

Memang yang akan menjalani persalinan adalah ibu, namun ayah juga perlu tahu mengenai proses yang akan dialami ibu saat melahirkan, berbagai pilihan prosedur persalinan serta risikonya. Dengan mengetahui proses persalinan, ayah bisa menjadi teman diskusi yang baik bagi ibu dan hal ini akna berdampak baik bagi kejiwaan ibu

5. Membantu menyiapkan koper persalinan

Mendekati persalinan, ibu mungkin merasa tegang dan panik untuk menyiapkan persalinan. Bantuan kecil dari ayah untuk mengepak koper persalinan tentu akan sangat membantu menenangkan ibu.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi