Terbit: 4 Mei 2018 | Diperbarui: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menyusui adalah momen paling intim antara ibu dan bayi. Saat menyusui, ibu bukan hanya memberikan ASI pada si kecil namun juga menguatkan ikatan antara ibu dan anak. Meskipun merupakan insting alami antara ibu dan anak, namun kadang masih ada beberapa hal yang sering dilupakan oleh ibu menyusui. Apa saja?

5 Hal Sederhana yang Sering Terlewatkan Saat Menyusui

Beberapa hal yang sering dilupakan saat menyusui bayi

1. Ibu menyusui lupa mencuci tangan sebelum menyusui

Terkesan sepele, namun tahukah Anda bahwa mencuci tangan sebelum menyusui adalah hal yang sangat penting? Banyak ibu beranggapan bahwa menyusui hanya melibatkan payudara ibu dan mulut bayi. Namun sebenarnya bakteri dari tangan ibu dapat berpindah ke tubuh bayi dengan mudah. Untuk itu sebaiknya ibu mencuci tangan sebelum menyusui.

2. Tidak mengganti baju setelah beraktivitas

Biasakan menyusui dalam keadaan bersih. Bukan hanya cuci tangan, namun juga baju yang bersih. Apabila Anda akan menyusui setelah beraktivitas yang cukup padat, maka sempatkanlah untuk mengganti baju dengan baju yang bersih. Hal ini untuk mencegah bakteri, debu dan keringat ibu menempel di pakaian bayi.

3. Bersihkan payudara dan puting

Nah, yang satu ini pun sering terlupakan oleh ibu. Sebelum menyusui, sebaiknya bersihkan puting dan payudara untuk menghindari bakteri yang menempel di keringat masuk ke mulut bayi. Kita tidak tahu ada bakteri apa saja yang menempel di tubuh kita, untuk itu sebaiknya biasakan membersikan puting dan payudara sebelum menyusui. Setelah menyusui, jangan lupa bersihkan kembalu puting dan payudara Anda dengan air hangat untuk mencegah risiko puting bernanah atau mastitis.

4. Melakukan kontak mata dengan bayi

Saat menyusui, sebaiknya lakukan komunikasi dengan bayi melalui kontak mata. Dengan demikian, bayi akan merasa diperhatikan dan disayang. Jauhkan sementara ponsel Anda saat menyusui agar Anda bisa fokus pada bayi.

5. Jangan segera menyusui bayi yang menangis

Banyak ibu yang beranggapan bahwa bayi yang menangis pasti karena lapar. Namun sebenarnya ada banyak faktor mengapa bayi menangis, bisa karena popok penuh, gerah, kedinginan dan lain-lain. Sebaiknya periksa dulu apa penyebab bayi menangis, periksa popoknya, lalu perhatikan apakah ia memang menangis karena lapar. Umumnya bayi baru lahir akan menyusu setiap 2-3 jam sekali dan frekuensinya akan berkurang setelah berusia semakin besar.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi