Terbit: 27 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Jika dibandingkan dengan kemampuan ereksi dan performa di ranjang, pria sering melupakan jumlah sperma yang dimiliki. Bagi mereka, asal tubuh sehat, sperma juga ikut sehat dan aktivitas pembuahan bisa berjalan dengan lancar.

5 Hal ini Merusak Sperma dan Pria Jadi Mandul

Sebenarnya, kondisi sperma dari seseorang tidak hanya ditentukan oleh kondisi fisik dari pria. Dari luar, pria mungkin terlihat sehat dan sempurna. Namun, kalau dilihat dari dalam, pria bisa saja alami banyak gangguan khususnya pada testis.

Nah, untuk menjaga dan melindungi aset masa depan itu, khususnya pria yang belum menikah, perhatikan lima hal yang bisa merusak sperma di bawah ini.

1. Memangku laptop

Suhu di area selangkangan sangat menentukan baik atau buruknya sperma yang dihasilkan. Selain itu, kalau suhu di area ini naik 1 derajat Celcius saja, produksi sperma bisa terganggu.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Saat memangku laptop, suhu di area penis akan meningkat hingga 2,7 derajat Celcius. Jadi, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi pada sperma.

2. Merokok

Merokok akan menyebabkan tubuh menyerap ribuan racun yang berbahaya. Kebiasaan ini akan menurunkan kualitas dari sperma sehingga jumlah yang dikeluarkan sedikit serta kesehatannya terganggu.

3. Alkohol

Alkohol memengaruhi hormon pria khususnya testosteron. Kalau hormon ini sampai terganggu, kematangan sperma jadi susah terjadi. Selain itu, konsumsi jangka panjang juga bisa sebabkan disfungsi ereksi.

4. Memakai celana dalam ketat

Saat memakai celana dalam yang terlalu ketat, area testis akan tertekan. Dampaknya, proses pematangan sperma bisa terganggu dan menyebabkan pria susah membuahi istrinya.

5. Obesitas

Sama halnya dengan alkohol, obesitas juga menyebabkan testosteron jumlahnya jadi anjlok. Dampaknya, kesuburan dari pria bisa menurun.

Itulah yang bisa menyebabkan sperma jadi rusak. Jangan lakukan lima hal itu  ya kalau ingin tetap subur dan perkasa di ranjang!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi