8 Cara Mengatasi Pilek & Obat Pilek Ampuh

Doktersehat-obat pilek ampuh

DokterSehat.Com – Siapa yang belum pernah terkena batuk pilek? Rasanya jarang ada orang yang kebal terhadap batuk pilek, penyakit ini malah sudah dianggap penyakit langganan yang selalu datang setiap kali terjadi perubahan musim. Apakah Anda sekarang sedang pilek dan sedang mencari obat pilek ampuh?

Batuk pilek beda dengan influenza, biasanya gejala batuk pilek dimulai 2-3 hari setelah terjadinya infeksi, yaitu bersin-bersin, hidung berair, hidung tersumbat, batuk, dan suara serak. Hal itu bisa berlangsung kurang lebih seminggu, dan yang perlu kita perhatikan antara lain:

  1. Jika hanya 2-3 hari berarti gejalanya ringan.
  2. Jika sampai 2 minggu berarti gejalanya tergolong parah.
  3. Jika sudah lebih dari 2 minggu gejala pilek belum hilang juga, bisa jadi penyebabnya adalah alergi.

Cara Menyembuhkan Pilek – Obat Pilek Ampuh

Berikut delapan cara yang terbukti ampuh secara ilmiah mampu mengatasi virus penyebab pilek, di antaranya:

  1. Tablet zink

Tablet zink adalah obat pilek ambuh terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi kemungkinan tertular pilek. Menurut sebuah studi di School of Public Health di University of California, pengujian laboratorium menunjukkan bahwa zink dapat menonaktifkan virus pilek yang ada di mulut dan tenggorokan serta menghalangi replikasinya.

Mineral ini juga diyakini memiliki efek anti-peradangan dan antioksidan. Meski demikian, penggunaan jangka panjang dengan dosis tinggi dapat membahayakan tubuh. Jadi, gunakan obat pilek ampuh ini sesuai dengan anjuran dokter.

  1. Meminum obat penghilang rasa sakit

Jika pilek terlanjur menyerang, produk obat pilek ampuh lainnya adalah obat yang mengandung parasetamol. Obat pilek ampuh ini dapat mengurangi tingkat keparahan sakit kepala, deman, nyeri sinus, serta sakit otot yang ditimbulkan.

Hingga kini, parasetamol adalah pilihan obat pilek ampuh untuk dewasa dan anak-anak yang paling aman asalkan tak melebihi dosis yang diajurkan. Pasalnya menurut Professor Ric Day, farmakologis di Rumah Sakit St Vincent, Sydney, melanggar dosis yang direkomendasikan dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Karena itulah, meskipun Anda bisa menemukan obat pilek ampuh ini dengan bebas di pasaran, Anda tetap harus memerhatikan cara penggunaannnya.

  1. Nasal spray

Tinjauan terhadap 67 studi menemukan bahwa penyembuh paling ampuh untuk hidung meler ialah nasal spray dan nasal decongestant yang mengandung bromide ipratropium. Meski ampuh, Anda harus berhati-hati menggunakannya. Pada tahun 2009, Food and Drug Administration Amerika mengumumkan bahwa nasal spray dengan kandungan zink berhubungan dengan rusaknya indra penciuman secara permanen. Maka dari itu, gunakan obat pilek ampuh ini sesuai anjuran cara pemakaian.

  1. Obat pilek di pasaran

Obat pilek ampuh yang mengandung anti-histamin diyakini cukup efektif mengatasi pilek pada orang dewasa maupun anak-anak. Namun, perlu diingat bahwa anti-histamin hanya bekerja jika dikombinasikan dengan pereda hidung tersumbat (dekongestan) atau obat pereda rasa sakit.

Sayangnya kombinasi itu juga bukan tanpa efek samping karena dapat menyebabkan mulut kering atau insomnia. Pemberian obat pasaran ini juga tidak disarankan untuk bayi dan anak di bawah enam tahun, sedangkan pemberian untuk anak di bawah 11 tahun harus diberikan di bawah pengawasan dokter.

  1. Mencuci tangan

Obat pilek ampuh tidak harus dari obat medis. Sederhana tetapi mungkin lebih efektif dari suplemen zink adalah dengan menjaga agar tangan tetap higienis. Membersihkan tangan dapat dilakukan dengan tisu, desinfektan berbasis alkohol, serta mencuci tangan secara teratur.

Cuci tangan yang benar dilakukan selama 40 hingga 60 detik dengan menggosok-gosokkan tangan. Agar pilek tak mendera, jauhkan juga tangan dari wajah karena biasanya virus pilek terambil dari permukaan benda yang terkontaminasi.

  1. Tetap terhidrasi

Air, jus, kaldu bening atau air lemon hangat dengan madu adalah obat pilek ampuh yang membantu melonggarkan pilek dan mencegah dehidrasi. Hindari minuman beralkohol, kopi, dan soda berkafein, yang bisa membuat dehidrasi memburuk.

  1. Gunakan cairan hangat

Obat pilek ampuh yang digunakan di banyak budaya, menggunakan air hangat, seperti sup ayam, teh atau jus hangat, mungkin menenangkan dan dapat mengurangi pilek dengan meningkatkan aliran lendir.

  1. Tambahkan kelembapan ke udara

Alat penguap atau pelembap dapat menambah kelembapan di rumah Anda, yang mungkin membantu mengurangi pilek. Ganti air setiap hari, dan bersihkan unit sesuai dengan instruksi.

Obat Pilek Ampuh dari Bahan Alami

Selain beberapa cara di atas, ada juga berbagai macam bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat pilek ampuh, antara lain:

  • Jahe

Anda bisa memanfaatkan jahe sebagai obat pilek ampuh dari bahan alami. Iris beberapa jahe dan masukan ke dalam gelas panas. Setelah 5 menit Anda bisa meminumnya. Selain pilek, jahe juga dapat digunakan sebagai obat batuk alami dan sakit tenggorokan.

  • Madu

Anda dapat mengambil manfaat madu sebagai obat pilek alami. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat minuman yang terbuat dari campuran 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat, dan perasan air lemon.

  • Teh

Minum teh hangat ketika sedang pilek akan membuat banda Anda lebih segar. Sebuah penelitian mengungkapkan, teh mengandung senyawa polifenol seperti katekin yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu senyawa polifenol lain dalam teh terbukti bisa mengatasi virus penyebab flu.

  • Garam

Meski umumnya garam banyak digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, nyatanya garam bisa digunakan untuk mengatasi pilek. Caranya Anda harus membersihkan hidung dari pilek dengan air garam.

Air yang sudah dicampur dengan garam akan membantu mengeluarkan cairan dari dalam hidung atau tenggorokan. Bahkan air garam membantu mengatasi infeksi yang bisa menyebabkan pilek menjadi sangat buruk.

Perlu diketahui, sebagian besar gejala pilek memang dapat sembuh dalam jangka waktu 1-2 minggu. Namun apabila gejala pilek tak kunjung hilang lebih dari tiga minggu atau sulit bernapas segera temui dokter.