5 Gangguan Penglihatan Setelah Melahirkan

donor-mata-doktersehat

DokterSehat.Com– Bunda, apakah Anda mengalami perubahan penglihatan setelah melahirkan si kecil? Beberapa ibu bukan hanya mengalami perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan, namun juga gangguan penglihatan. Normalkah gangguan penglihatan yang dialami ibu setelah melahirkan ini?

Gangguan penglihatan setelah melahirkan

Setelah melahirkan, ada beberapa perubahan hormon yang menyebabkan masalah kesehatan lain, salah satunya adalah masalah penglihatan seperti buram atau pusing. Dilansir dari Mom Junction, beberapa perubahan penglihatan antara lain adalah:

1. Mata kabur
Setelah persalinan, kapasitas cairan dalam bola mata dapat berubah sehingga kornea sulit untuk kembali ke bentuk semula. Hal ini yang menyebabkan penglihatan berubah menjadi kabur.

2. Preeklamsia
Bagi ibu yang mengalami preeklamsia selama kehamilan, kemungkinan mengalami mengalami masalah penglihatan seperti sensitivitas cahaya atau penglihatan yang buram. Jika Anda mengalami gangguan ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kandungan atau dokter mata untuk mendapat penanganan.

3. Diabetes gestasional
Perubahan kadar gula darah sering terjadi selama kehamilan dan setelah melahirkan. Perubahan kadar gula dalam darah dikenal dapat merusak pembuluh darah kecil yang melekat pada retina mata. Karena itu bagi ibu yang mengalami diabetes gestasional sering mengalami gangguan penglihatan dan kabur.

4. Hipertensi dalam kehamilan
Kadang wanita mengalami stres saat hamil dan menderita hipertensi selama hamil dan setelah melahirkan. Stres dapat memicu tekanan darah tinggi atau yang dikenal dengan istilah pregnancy induced hypertension (PIH). Salah satu tanda PIH adalah mengalami gangguan penglihatan.

5. Adenoma pituitari
Adenoma pituari adalah pertumbuhan tumor yang terjadi di kelenjar pituitari dalam tubuh wanita. Tumor ini menghambat fungsi normal sekresi hormon dalam tubuh yang dapat mengakibatkan masalah penglihatan. Kondisi ini jarang terjadi, namun jika Anda mengalami gangguan penglihatan yang terus-menerus, sebaiknya segera periksakan ke dokter.