Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Organ intim pria, penis, tak hanya berperan untuk aktivitas seksual dan reproduksi. Ternyata, si Mr P ini juga bisa untuk melihat gangguan pada tubuh. Organ ini bisa menunjukkan adanya gangguan pada tubuh mulai yang ringan hingga kronis. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang bisa dilihat dari penis.

5 Gangguan Kesehatan yang Bisa Dilihat dari Penis

1. Susah mendapatkan ereksi

Gangguan pada jantung menyebabkan aliran darah dalam tubuh termasuk penis jadi terganggu. Kalau Anda tidak bisa mendapatkan ereksi maksimal setiap berhubungan badan, waspada adanya gangguan pada jantung. Segera periksa kesehatan agar tidak ada komplikasi yang lebih parah.

2. Urine warna merah

Warna urine yang normal adalah bening agak kekuning-kuningan. Kalau Anda mendapati urine berwarna agar merah dan sedikit ada rasa sakit saat mengeluarkannya Anda memiliki gangguan pada tubuh. Bisa jadi ginjal, kandung kemih, dan prostat mengalami cedera.

3. Gairah seks menurun

Kalau gairah seks Anda menurun dan bahan sulit ereksi, tubuh sedang mengalami stres atau depresi. Pria yang sedang pada kondisi ini biasanya mengalami penurunan testosteron sehingga gairahnya turun drastis.

4. Penis kurang sensitif

Ujung dari penis cenderung lebih sensitif ketimbang bagian lain seperti batang dan kantung zakar. Namun, pada kondisi tertentu, penis jadi tidak sensitif sehingga susah mendapatkan ereksi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Kondisi tidak sensitifnya penis ini bisa terjadi karena tubuh mengalami kekurangan vitamin B khususnya B12. Selain itu, kondisi ini juga sebagai tanda kalau Anda alami kenaikan gula darah atau sudah terkena diabetes.

5. Ejakulasi yang dihasilkan sedikit

Gangguan pada ejakulasi berupa menurunnya volume air sperma disebabkan oleh gangguan prostat dan area di sekitarnya. Pria bisa saja mengalami ejakulasi terbalik atau retrogade yang mengganggu proses pembuahan sel telur.

Inilah lima gangguan kesehatan yang bisa dilihat dari penis. Adakah gangguan di atas pernah Anda alami?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi