Terbit: 21 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang identik dengan wanita, tapi bisa terjadi pada pria adalah osteoporosis. Gangguan tulang belakang ini terjadi karena pengeroposan tidak bisa terjadi. Akibatnya, postur tubuh pria bisa berubah, peluang patah tulang tinggi, hingga kemungkinan terjadi kematian bisa saja terjadi.

nyeri punggung bawah low back pain

Nah, untuk mencegah datangnya osteoporosis yang mengganggu masa tua dari pria, coba pelajari faktor yang menyebabkan risiko penyakit ini jadi besar di bawah ini.

1. Usia dan kadar testosteron
Seiring dengan berjalannya waktu, tubuh pria akan mengalami penuaan sehingga kerja selnya akan berkurang. Pria yang berusia dia atas 50 tahun akan mengalami menurunkan testosteron. Keadaan ini menyebabkan kepadatan tulang berkurang khususnya di bagian tulang belakang. Kalau keadaan ini tidak diatasi, osteoporosis bisa terbentuk perlahan-lahan.

2. Tidak tercukupi kalsium dan vitamin D
Kebutuhan kalsium dan vitamin D adalah salah satu cara untuk menurunkan risiko osteoporosis pada pria. Kalau umur dan kadar testosteron mungkin tidak bisa dihindari, tapi kalau vitamin dan mineral bisa didapatkan dengan suplemen atau makanan.

3. Tidak berolahraga dengan teratur
Olahraga pada pria yang sudah lanjut usia adalah hal yang penting. Meski pria tidak harus melakukan angkat beban yang intens, mereka bisa melakukan olahraga dengan beban ringan asal form-nya benar. Olahraga akan membuat kepadatan tulang tidak terkikis sehingga peluang terkena osteoporosis bisa dihindari.

4. Terlalu banyak merokok dan minum alkohol
Kebiasaan buruk seperti kerap merokok dan minum alkohol akan menurunkan imunitas tubuh. Keadaan ini membuat tubuh tidak mampu atasi penurunan kepadatan tulang sehingga risiko osteoporosis akan besar.

5. Menggunakan obat tertentu
Beberapa obat yang kerap dikonsumsi pria menyebabkan pengeroposan tulang. Pria yang menggunakan obat diabetes, obat antidepresan, hingga obat untuk atlet seperti steroid bisa memperbesar terjadinya osteoporosis.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi