Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Gonore adalah salah satu penyakit menular seksual yang cukup berbahaya dan mudah sekali menyebar. Penyakit bisa menular melalui aktivitas seks yang tidak sehat baik secara vaginal, anal, dan juga oral. Dari tiga jenis seks yang dilakukan, oral dianggap paling sering menyebarkan gonore karena pasangan jarang menggunakan kondom saat melakukannya.

5 Fakta Tentang Penyebaran Gonore Melalui Mulut yang Harus Anda Tahu

Penularan gonore melalui seks oral pernah menjadi kejadian luar biasa. Bahkan WHO sempat mengeluarkan pernyataan kalau penyebaran penyakit ini semakin masif sehingga perlu penanganan yang lebih serius.

Untuk lebih mengenal tentang gonore dan bisa menghindarinya. Simak beberapa faktanya di bawah ini.

1. Bisa terjadi pada siapa saja

Penyebaran gonore melalui mulut bisa terjadi pada siapa saja. Apa pun orientasi seksual yang dimiliki, penyebaran bisa terjadi saat mulut melakukan kontak dengan penis dan juga vagina. Untuk menghindari hal ini, pasangan disarankan menggunakan kondom atau dental dam.

2. Menimbulkan sensasi terbakar pada pria

Pada pria gonore yang sudah menyebar bisa menyebabkan sensasi panas saat berkemih. Selain itu penis juga mengeluarkan cairan berwarna hijau atau kuning dengan bau tidak sedap. Area testis pria juga sakit saat dipegang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Perdarahan pada wanita

Pada wanita, gangguan yang sering terjadi adalah perdarahan yang tidak normal. Harusnya perdarahan terjadi saat menstruasi saja, tapi saat terkena gonore perdarahan bisa terjadi di luar siklus.

4. Bisa menyebabkan komplikasi

Gonore yang sudah parah bisa menyebabkan gangguan pada jantung, infeksi mata, hingga penularan pada bayi kalau ibu tertular saat mengandung.

5. Bisa disembuhkan dengan antibiotik

Gonore adalah penyakit menular seksual yang sebenarnya mudah sekali disembuhkan asal belum parah. Dengan pemberian antibiotik, bakteri bisa dibersihkan hingga habis. Saat pengobatan berlangsung, aktivitas seks tidak bisa dilakukan.

Nah, semoga fakta tentang gonore di atas bisa bermanfaat untuk kita semua.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi