5 Fakta Soal Ketombe yang Perlu Anda Ketahui

doktersehat-obat-kumur-atasi-ketombe

DokterSehat.Com– Rambut yang gatal dengan serpihan-serpihan putih yang menyertainya bisa jadi merupakan tanda ada ketombe di rambut Anda. Jangan terburu-buru memakai sampo anti ketombe yang banyak dijual di pasaran. Ketahui dulu beberapa fakta mengenai┬áketombe agar Anda tidak salah melakukan perawatan yang justru bisa memperparah kondisi ketombe Anda.

1. Ketombe bukan karena kulit kepala yang kering

Ketika kulit bagian tubuh yang lain menjadi kering, biasanya memang akan terasa gatal dan muncul serpihan putih. Namun ketombe bukan berarti kulit kepala Anda juga kering. Sebaliknya, ketombe biasanya justru muncul karena pertumbuhan jamur yang berlebihan. Meski tidak berbahaya, jamur inilah yang membuat ketombe muncul di kulit kepala. Jamur ini makan kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati di kulit kepala sehingga sel-sel kulit lebih cepat mati dan berubah menjadi ketombe.

2. Seringlah mencuci rambut

Biasanya Anda akan disarankan untuk tidak mencuci rambut setiap hari karena takut akan membuat kulit kepala Anda kehilangan minyak alaminya dan timbul iritasi. Namun, jika Anda bermasalah dengan ketombe, jarang mencuci rambut justru akan membuat ketombe Anda semakin memburuk. Minyak dan sel-sel kulit mati akan berkumpul di kulit kepala sehingga jamur malah semakin banyak.

3. Kulit kepala gatal dan muncul serpihan tidak selalu berarti ketombe

Jika setelah rajin mencuci rambut selama satu atau dua minggu dengan sampo yang mengandung obat tidak juga menyelesaikan masalah tersebut, bisa jadi Anda menderita psioriasis atau inflamasi kulit. Jika ini terjadi, periksakan kondisi Anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

4. Ketombe tidak hanya ada di kulit kepala

Seperti yang dilansir dari stylecraze.com, serpihan ketombe tidak hanya bisa terjadi di kulit kepala saja. Anda juga bisa menemukan ketombe di alis, sekitar telinga, dan di sisi hidung tempat minyak diproduksi. Serpihan bersisik ini bisa dibersihkan dengan menggosokkan sampo dengan lembut di daerah tersebut saat Anda mencuci rambut.

5. Ketombe tidak bisa disembuhkan, tapi dapat dikendalikan

Ketombe adalah masalah yang akan kembali lagi setiap saat karena masalah ini tidak dapat disembuhkan. Meski begitu, Anda bisa mengendalikannya sehingga ketombe tidak muncul dan semakin parah. Caranya adalah dengan menghindari makanan berlemak serta perbanyak buah-buahan dan sayur yang kaya zinc dan vitamin B. Anda juga bisa mengonsumsi probiotik untuk melawan pertumbuhan jamur.