5 Fakta Seks Setelah Melahirkan yang Harus Anda Tahu

doktersehat-pasangan-seks-couple

DokterSehat.Com – Setelah memiliki bayi, kehidupan pasangan akan berubah. Pria akan lebih banyak begadang kalau anaknya menangis setelah mengompol. Selain itu, pekerjaan di rumah jadi lebih banyak sehingga wanita menjadi lebih sibuk.

Meski kehidupan berubah, ada beberapa aktivitas yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Nah, salah satu aktivitas itu adalah hubungan seks. Aktivitas ini harus tetap dilakukan agar hubungan pria dan wanita tetap intim.

Nah, kalau Anda ingin melakukan seks pasca persalinan, coba perhatikan beberapa fakta di bawah ini.

1. Menimbulkan rasa sakit

Setelah melahirkan, vagina wanita akan sedikit kering karena pengaruh hormon dan obat. Efek ini biasanya berjalan pada tiga bulan pertama. Setelah itu, produksi cairan lubrikasi akan kembali normal sehingga wanita tidak merasakan sakit.

Untuk menghindari rasa sakit saat berhubungan badan, pria disarankan menggunakan cairan lubrikasi. Selain itu pria juga disarankan masih menggunakan kondom untuk menghindari infeksi.

2. Risiko pendarahan

Beberapa minggu atau bulan setelah melahirkan, vagina masih belum kembali seperti semula. Akibatnya saat terjadi penetrasi, kemungkinan terjadi perdarahan bisa saja terjadi. Untuk itu pria dilanjutkan untuk berhubungan seks dengan lebih lembut lagi.

3. Risiko infeksi masih tinggi

Jahitan pada vagina tidak langsung sembuh begitu saja. Beberapa wanita membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkannya. Pada kondisi ini, infeksi pada vagina masih tinggi sehingga seks harus dilakukan dengan lebih hati-hati.

4. Rasanya akan berbeda

Seks pertama kali setelah melahirkan akan memberikan efek yang berbeda pada pria dan wanita. Pria akan merasakan cengkeraman vagina jadi lebih ringan. Sementara itu wanita akan susah dapatkan orgasme.

5. Akan kembali seperti semula

Anda tidak perlu takut kalau seks akan berantakan setelah melahirkan. Kenikmatan seks akan kembali seperti semula seiring dengan berjalannya waktu.

Semoga info tentang seks pasca melahirkan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan. Selamat mencoba dengan pasangan dan nikmati setiap proses yang terjadi.