5 Fakta Kutil Kelamin yang Harus Anda Waspadai

cara menghilangkan bau vagina

DokterSehat.Com – Kutil kelamin bisa saja terjadi pada pria dan wanita. Kondisi ini menyebabkan penis, vagina, dan area di sekitar anus ditumbuhi benjolan kecil-kecil yang menyebabkan aktivitas seks berjalan terganggu dan muncul gangguan lain yang diam-diam menghantui pria dan wanita.

Untuk lebih mewaspadai kutil kelamin yang diam-diam berbahaya, coba ketahui 5 fakta kutil kelamin di bawah ini.

1. Kutil kelamin disebabkan oleh HPV

Kutil kelamin yang tumbuh pada tubuh disebabkan oleh HPV. Virus ini akan menyebabkan area di sekitar kelamin tumbuh secara abnormal. Pria atau wanita bisa terinfeksi kutik kelamin saat melakukan seks baik itu secara vaginal, anal, atau oral.

2. Virus bisa tidur dalam tubuh

Pada dasarnya virus HPV bisa hidup dalam tubuh dan tidur di sana selama beberapa tahun. Tubuh yang memiliki sistem kekebalan baik akan mengikis virus itu perlahan-lahan sampai habis selama 2 tahun. Kalau kekebalan tubuh rendah, virus bisa menyebar dengan cepat.

Oh ya, kutil kelamin mungkin bisa disembuhkan. Namun, kutil bisa muncul lagi karena virus tetap ada dalam tubuh sampai benar-benar terkikis.

3. Tidak selalu tumbuh di area kelamin

Meski namanya kutil kelamin, virus HPV juga bisa menyebabkan kutil di berbagai tempat. Umumnya area tangan dan leher kerap ditumbuhi kutil dengan ukuran kecil dan jumlahnya banyak.

4. Memiliki banyak jenis virus

Virus HPV yang menyerang manusia memiliki 100 jenis. Dari jenis itu sekitar 40 varian menyebabkan kutil kelamin. Selebihnya ada yang tidak berdampak dan ada yang menyebabkan kanker serviks pada wanita.

5. Kutil jarang memberikan tanda

Kutil kelamin jarang memberikan tanda-tanda pada tubuh. Pria atau wanita sering mendapati infeksi HPV langsung dalam bentuk kutil yang menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Inilah 5 fakta tentang kutil kelamin yang harus kita ketahui dan waspadai. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya!