Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang sangat berbahaya bagi wanita. Kanker ini bisa menyebabkan gangguan sistem reproduksi hingga menyebabkan kematian. Kanker serviks muncul pada wanita karena ada infeksi dari HPV. Infeksi ini menyebabkan adanya inflamasi ada serviks dan kanker ganas perlahan muncul.

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat-1024

Meski ganas, kanker serviks masih bisa dirawat dengan baik kalau masih stadium awal. Untuk itu, wanita harus lebih memerhatikan tubuhnya dengan mengetahui gejala-gejalanya di bawah ini.

1. Perdarahan yang tidak normal

Perdarahan pada vagina biasanya terjadi saat siklus menstruasi tiba. Kalau di luar siklus menstruasi wanita mengalami perdarahan yang cukup hebat atau setelah berhubungan badan, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

2. Nyeri saat berhubungan badan

Aktivitas seks yang dialami oleh wanita harusnya tidak memberikan rasa nyeri yang cukup menyiksa. Kalau saat melakukan seks, wanita selalu merasakan nyeri, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan.

3. Keputihan abnormal yang terus-menerus

Keputihan abnormal biasanya dipicu oleh infeksi yang ada di dalam vagina. Kalau keputihan yang dialami tidak kunjung berhenti dan makin parah dengan cairan yang keluar baunya tidak sedap, bisa jadi ada kanker serviks di dalam sana.

4. Sering anyang-anyangan

Apabila wanita sering mengalami anyang-anyangan dan tidak bisa menahan keinginan untuk ke kamar mandi, berarti ada gangguan di sekitar serviks dan kandung kemih. Meski tidak selalu kanker, tidak salahnya untuk melakukan pemeriksaan dini.

5. Mudah lelah

Apabila wanita mudah lelah dan nafsu makannya menurun padahal tidak sedang sakit kemungkinannya ada dua. Pertama adalah sedang stres dan yang kedua adalah kanker serviks. Untuk mengetahui apa yang terjadi pada tubuh coba lakukan pengecekan.

Nah, semoga lima tanda di atas tidak terjadi pada kita semua ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi