Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bunda, apakah anak-anak sudah bisa menyebutkan nama angka? Menyebutkan angka mungkin mudah bagi anak-anak, namun mengajarkan anak berhitung dan arti angka itu sendiri mungkin membutuhkan proses lebih lama. Karena itu sebaiknya orang tua mengenalkan angka sejak dini pada anak.

5 Cara Mudah Mengajarkan Angka pada Anak

Photo Credit: Pexels.com

Tips mengenalkan angka pada anak

Mengejarkan angka pada anak membutuhkan proses tersendiri dan tidak bisa diburu-buru. Sebagai orang tua, penting untuk mengenalkan angka pada anak sejak dini sebagai bekal untuk kecerdasannya kelak.

Dikutip dari New Kids Center, ada beberapa cara menarik yang bisa Anda coba untuk mengenalkan anak pada angka, di antaranya:

1. Lewat nyanyian
Saat mencoba mengenalkan angka pada anak, gunakan cara yang menyenangkan, yaitu lewat lagu atau nyanyian. Lagu-lagu seperti ‘Balonku’, ‘Dua Mata Saya’, atau Satu-satu Aku Sayang Ibu’ bisa menjadi pilihan untuk perkenalan awal angka pada anak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Menghitung mainan anak
Setelah anak-anak dapat menyebutkan angka dengan baik, Anda bisa melatih penggunaan angka dengan menghitung jumlah mainan saat membereskan mainannya. Selain membuat suasana membereskan mainan menjadi lebih menyenangkan, anak Anda juga dapat bermain sambil belajar.

3. Dengan gambar
Salah satu cara menyenangkan mengajarkan angka pada anak adalah dengan menggambar. Dengan menggambar sendiri, anak akan lebih mudah mengingat angka dan menggunakannya dalam aktivitas lain. Selain dengan menggambar, Anda juga bisa melatihnya dengan kartu bergambar karena anak-anak usia balita lebih tertarik pada gambar.

4. Menggunakannya sehari-hari
Agar anak mudah mengingat angka, Anda bisa menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari seperti menghitung jumlah kendaraan saat sedang bepergian bersama anak, menghitung jumlah permen, saat bermain engklek, dan dalam aktivitas sehari-hari lainnyal.

5. Ajarkan matematika sederhana
Ketika anak sudah berusia 4-5 tahun, Anda bisa mulai mengajarkan matematika sederhana seperti pengurangan dan penambahan. Pada usia ini anak sudah lebih paham mengenai angka dan bagaimana penerapan angka dalam kehidupan sehari-hari.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi