5 Cara Mudah Mendeteksi Kanker Payudara

doktersehat-wanita-kanker-payudara-konsultasi-implan-bakteri-mastitis

DokterSehat.Com– Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, kanker payudara adalah penyebab utama kematian bagi wanita di Amerika. Kabar baiknya, kanker payudara lebih mudah diobati bila terdeteksi dini, yang membuat kunci kesadaran payudara dan memastikan kesehatan payudara.

Ada beberapa cara untuk memeriksa kesehatan payudara Anda dan menemukan potensi kelainan. Anda juga harus sadar bahwa meskipun jarang terjadi, pria bisa terkena kanker payudara, jadi jika Anda laki-laki dan telah melihat adanya perubahan pada jaringan payudara Anda, segera temui dokter. Berikut cara mudah mudah memeriksa kanker pada payurara Anda, seperti dilansir dari Wiki How, berikut ini:

1. Tingkatkan kesadaran payudara Anda
Bugar dengan payudara Anda dan sadarilah keadaan normal payudara. Normal adalah baik untuk setiap wanita, tapi kenali bagaimana penampilan dan keadaan payudara Anda.

Tetapkan perhatikan keadaan payudara seperti tekstur, kontur, dan ukuran. Anda akan lebih mampu mengenali perubahan apa pun dan kemudian mengkomunikasikan perubahan tersebut ke dokter Anda. Selain itu, menjadi lebih sadar dapat membantu berperan aktif dalam kesehatan dan kesejahteraan Anda sendiri.

  • Meningkatkan kesadaran kesehatan payudara adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri jika Anda khawatir dengan kanker payudara. Dengan menyadari apa yang normal bagi Anda, Anda akan lebih mampu menilai bila ada sesuatu yang tidak normal.
  • Perhatikan bahkan hal-hal seperti asimetri payudara, di mana satu payudara memiliki ukuran yang sedikit berbeda atau dalam posisi yang sedikit berbeda. Anda biasanya hanya perlu khawatir jika keadaan berubah dari biasanya, misalnya, satu payudara tumbuh secara signifikan lebih besar.
  • Jika Anda memiliki pasangan dalam hal ini suami, buatlah dia bagian dari proses memeriksa payudara Anda dan jadilah lebih sadar akan jaringan payudara Anda. Hal ini sangat penting karena pasangan Anda melihat dan menyentuh tubuh Anda dari sudut yang berbeda dan mungkin dapat melihat hal-hal yang tidak Anda inginkan. Mintalah pasangan Anda untuk mengkomunikasikan setiap perubahan yang mungkin dia perhatikan atau rasakan.

2. Memahami masalah pemeriksaan payudara adalah subjek perdebatan
Dulu, pemeriksaan diri bulanan payudara (BSE) direkomendasikan untuk semua wanita. Namun, pada 2009, Satuan Tugas Pelayanan Pencegahan Amerika Serikat merekomendasikan agar tidak mengajar perempuan melakukan pemeriksaan diri yang konsisten dan formal.

Mereka menyerankan hal itu tidak boleh dilakukan setelah beberapa penelitian besar yang menyimpulkan bahwa BSE tidak mengurangi angka kematian atau meningkatkan jumlah kanker yang ditemukan. Studi selanjutnya telah mengkonfirmasi bahwa BSE tidak penting dalam mendeteksi lesi ganas di payudara.

  • Saat ini, American Cancer Society and the US Preventative Services Task Force merekomendasikan agar BSE dilakukan atas pertimbangan Anda sendiri.
  • Organisasi-organisasi ini juga menekankan bahwa kunci sebenarnya adalah menyadari apa yang normal untuk jaringan payudara Anda sendiri.
  • Bagian dari penekanan terhadap BSE adalah karena hal itu dapat menyebabkan pengujian yang tidak perlu (seperti biopsi), yang dapat menyebabkan kerugian bagi pasien dan juga beban keuangan pada sistem layanan kesehatan. Masalahnya adalah bahwa BSE dapat menarik perhatian pada lesi jinak, sedangkan mammogram —alat khusus dapat mengidentifikasi lesi ganas yang merupakan penyebab nyata untuk perhatian dan perawatan medis.
  • Sadarilah juga bahwa BSE tidak boleh dilakukan sebagai pengganti pemeriksaan klinis dokter atau mammogram. Paling banter, melakukan BSE dapat membantu Anda menjadi lebih sadar akan apa yang normal di payudara Anda dan dapat membantu Anda membantu dokter Anda dalam mendeteksi perubahan.

3. Mengetahui apa yang harus dicari
Ada sejumlah tanda yang harus Anda perhatikan saat memeriksa payudara secara visual atau manual untuk kanker, termasuk yang berikut ini:

  • Perubahan ukuran atau bentuk payudara —Bengkak dari tumor atau infeksi bisa mengubah bentuk dan ukuran jaringan payudara. Hal ini sering terjadi hanya pada satu payudara namun dalam beberapa kasus dapat terjadi pada keduanya. Payudara Anda juga dapat mengubah ukuran selama waktu-waktu tertentu dalam siklus haid Anda, sehingga memiliki gagasan tentang apa yang “normal” untuk Anda pada waktu tertentu dalam bulan ini sangat membantu.
  • Keluarnya cairan dari puting payudara —Jika Anda tidak menyusui, seharusnya tidak ada cairan yang keluar dari puting payudara. Jika ada cairan keluar, terutama tanpa meremas puting payudara atau jaringan payudara, bicaralah dengan dokter Anda.
  • Bengkak —Ada jenis kanker payudara agresif dan invasif yang dapat menyebabkan pembengkakan pada payudara, tulang selangka atau ketiak. Dalam beberapa kasus, pembengkakan terjadi sebelum Anda bisa merasakan adanya benjolan.
  • Dimpling —Tumor atau pertumbuhan di payudara dekat permukaan kulit atau puting payudara dapat menyebabkan perubahan bentuk dan tampilan jaringan, termasuk memiringkan atau mengerutkan kulit (seperti kulit jeruk). Lihatlah juga puting susu yang baru terbalik, yang juga merupakan pertanda adanya masalah. Beberapa wanita memiliki puting susu yang terbalik secara alami, yang bukan merupakan penyebab kekhawatiran; ini perubahan dari keadaan normal Anda.
  • Kemerahan, panas atau gatal —Kanker payudara inflamasi adalah jenis kanker yang jarang, namun agresif dan muncul dengan gejala yang mirip dengan infeksi di payudara, seperti: sensasi panas, gatal atau kemerahan.

4. Lakukan visual BSE atau pemeriksaan bulanan
Anda bisa melakukan ini kapan pun Anda mau, meski sebaiknya Anda melakukannya setelah menstruasi, saat payudara Anda kurang empuk dan bengkak. Cobalah melakukannya tiap bulan pada waktu yang bersamaan. Anda bahkan dapat menandai saat Anda melakukan pengujian setiap bulan di perencana atau jurnal Anda untuk mencatatnya.

  • Di depan cermin, duduk atau berdiri tanpa pakaian atau bra. Angkat dan turunkan lengan Anda. Carilah perubahan ukuran, bentuk, kelembutan, dan tampilan jaringan payudara Anda, gunakan tanda di atas sebagai panduan Anda.
  • Kemudian letakkan telapak tangan di pinggul dan kencangkan otot dada Anda. Carilah lesung, cairan atau kelainan lainnya.

5. Lakukan manual BSE
Meluangkan waktu yang ditentukan setiap bulan untuk melakukan manual BSE. Jika Anda masih menstruasi, waktu terbaik untuk melakukan ini adalah beberapa hari setelah menstruasi Anda saat payudara Anda paling tidak empuk. Anda bisa melakukan pemeriksaan dengan berbaring; Pada posisi ini, jaringan payudara lebih menyebar dan dengan demikian lebih tipis dan mudah terasa.

Alternatif lain adalah di kamar mandi, di mana sabun dan air bisa membantu jari Anda bergerak lebih lancar di atas kulit payudara Anda. Anda juga bisa melakukan kedua metode tersebut, untuk memaksimalkan pemeriksaan. Anda bisa mengikuti langkah ini:

  • Berbaring datar dan letakkan tangan kanan di belakang kepala Anda. Menggunakan tiga jari pertama tangan kiri Anda, raba dan rasakan jaringan payudara di sebelah kanan Anda. Pastikan menggunakan bantalan jari, bukan hanya ujungnya saja. Merasa untuk sesuatu yang terasa keras dan bulat.
  • Mulailah di daerah ketiak Anda dan jalanlah ke tengah masing-masing payudara. Pindah ke tengah tubuh Anda sampai Anda hanya merasakan sternum (tulang dada).
  • Gunakan tiga tingkat tekanan yang berbeda untuk merasakan jaringan: tekanan ringan di bagian atas untuk jaringan di bawah kulit, tekanan sedang untuk memeriksa jaringan di tengah payudara, dan tekanan yang lebih dalam untuk merasakan jaringan yang paling dekat dengan dinding dada. Pastikan untuk menerapkan setiap tingkat tekanan ke setiap area sebelum melanjutkan.
  • Setelah Anda melakukannya pada satu payudara, lakukan pada payudara sebelahnya. Letakkan tangan kiri Anda di bawah kepala Anda dan lakukan pemeriksaan yang sama di payudara kiri Anda.
  • Peras setiap puting payudara dengan lembut untuk memeriksa cairan. Ingatlah bahwa jaringan payudara Anda meluas ke daerah dekat ketiak Anda. Daerah ini juga bisa mengalami benjolan atau kanker, jadi penting untuk memeriksa saat BSE manual Anda.