Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Dibandingkan dengan batang penis, testis kerap diabaikan oleh pria setiap harinya. Asal area batang penis sudah bersih, alat vital akan sehat. Padahal untuk mendapatkan kesehatan alat vital, semua bagian harus dirawat dengan baik termasuk testis yang berguna untuk menghasilkan sperma.

5 Cara Merawat Testis yang Benar untuk Kesehatan Seksual dan Reproduksi

Nah, agar Anda tidak kecolongan dan memiliki masalah dengan kesehatan dari testis, coba lakukan lima cara perawatan di bawah ini dengan saksama ya.

1. Buat selalu dingin

Menaikkan suhu area selangkangan hingga 1 derajat saja akan berpengaruh besar pada kesehatan dari testis. Untuk itu, jangan menggunakan celana atau celana dalam yang terlalu ketat. Lebih baik menggunakan celana yang agak longgar agar sirkulasi terjaga.

Lebih lanjut, jangan sesekali meletakkan benda yang terlalu panas di atas testis. Misal menggunakan laptop atau benda lainnya.

2. Perhatikan ukurannya

Jangan tidak acuh dengan ukuran dari testis. Ada kalanya ukuran testis sebelah kiri dan kanan berbeda. Anda harus tahu apa yang terjadi dengan memegangnya dan membandingkan ukurannya. Kalau ada perbedaan dan rasa sakit saat dipegang, segera lakukan pemeriksaan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Jauhkan dari ponsel

Jangan mendekatkan ponsel dengan penis, misal sering mengantonginya. Radiasi dari sinyal ponsel diketahui bisa menurunkan kualitas dari sperma yang sedang diproduksi oleh testis.

4. Ganti celana dalam secara rutin

Area testis cukup lembap dan mudah berkeringat. Kalau Anda tidak segera mengganti celana gatal akan kerap terjadi dan membuat iritasi serta gangguan yang lebih besar lainnya.

5. Tidur berkualitas

Tidur yang berkualitas akan menjaga area testis bekerja dengan maksimal. Dalam 2-3 hari sperma sehat akan dihasilkan dan siap dikeluarkan untuk melakukan pembuahan.

Nah, selain lima hal di atas pria juga tidak disarankan terlalu berlebihan saat mengendarai sepeda karena bisa memberi tekanan pada testis. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi