Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bagi wanita, payudara adalah salah satu organ penting yang harus dijaga kesehatannya. Payudara tidak hanya menunjang penampilan dan membantu wanita dapatkan kenikmatan saat seks saja. Lebih dari itu, payudara juga berguna untuk memberikan ASI eksklusif pada anak pasca persalinan.

5 Cara Merawat Payudara Agar Selalu Sehat dan Kencang

Agar payudara yang Anda miliki sehat dan terbebas dari gangguan ringan hingga berbahaya, coba lakukan beberapa hal di bawah ini dengan baik.

  1. Selalu memiliki berat badan ideal

Payudara berisi jaringan lemak yang cukup tebal pada wanita. Saat wanita mengalami kenaikan dan penurunan berat badan yang signifikan, kekencangan payudara akan menurun. Kondisi ini menyebabkan payudara jadi kendor dan kadang sakit karena menggantung terlalu parah.

  1. Menggunakan bra yang tepat

Pilih bra yang sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan. Misalnya, bra yang digunakan untuk olahraga dan bra yang dilakukan untuk aktivitas kerja. Bra untuk olahraga biasanya agak ketat untuk menghindari pergerakan payudara yang terlalu besar dan menyebabkan rasa sakit.

  1. Berhenti merokok

Rokok menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin pada payudara. Kondisi ini menyebabkan payudara jadi kendur dan penuh kerutan. Agar payudara selalu sehat, berhentilah merokok dan mulai perbaiki gaya hidup.

  1. Rutin melakukan olahraga

Lakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Dengan berolahraga, aliran darah ke payudara jadi lancar dan kekencangannya tidak akan menurun.

  1. Melakukan diet sehat

Untuk mempertahankan bentuk tubuh dengan sempurna, pola makan yang sempurna harus dilakukan. Wanita disarankan untuk memperbanyak buah, sayur, dan protein yang rendah lemak. Semua bahan harus dimasak dalam keadaan segar agar manfaatnya bisa didapatkan dengan mudah.

Demikianlah ulasan tentang cara merawat payudara agar selalu sehat dan kencang. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi