Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi beberapa wanita, kecantikan dan kesehatan kuku tidak kalah penting dengan kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Hal yang perlu diketahui, kuku juga punya permasalahannya sendiri. Masalah yang paling mengganggu adalah kuku patah. Dilansir dari Health How Stuff Works, berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kuku patah.

5 Cara Menghindari Kuku Patah

Photo Credit: pexels.com

1. Jaga Kuku Tetap Pendek Saja

Masalah kuku patah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Apa pun faktornya, cara paling ampuh agar kuku Anda terhindar dari patah adalah dengan tetap menjaganya dalam keadaan pendek atau jangan terlalu panjang. Kuku yang pendek, akan cenderung jauh dari ancaman patah yang mengganggu. Walau tidak disukai karena kuku tidak dapat telihat cantik, kuku yang pendek lebih aman untuk Anda.

2. Jaga Kelembapan Kuku

Kuku mudah patah karena permukaan kuku sangat kering dan tipis. Hal ini yang menyebabkan kuku menjadi retak. Agar terhindari dari patah, dan enggan memotongnya pendek, Anda harus rajin mengoleskan pelembap kuku setiap malam. Oleskan dari mulai daerah kutikula hingga kuku. Pilih pelembap kuku yang mengandung kolagen, petrolatum, atau zat minyak dan protein lain.

3. Hindari Penggunaan Bahan-bahan Kimia

Dalam hal ini, Anda bisa mengurangi bersentuhan dengan sabun-sabun pencuci piring atau deterjen. Kandungan kimia yang ada pada elemen pembersih tersebut, jika cukup sering memapar kuku, bisa mengganggu kesehatan kuku Anda. Kuku menjadi kering dan rapuh. Atau, pilih produk kebersihan yang minim kandungan bahan kimia.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Bisa Gunakan Sarung Tangan

Jika Anda kesulitan menemukan produk-produk yang ramah bagi kuku, ada baiknya untuk mempertimbangkan penggunaan sarung tangan yang terbuat dari lateks atau plastik. Menggunakan sarung tangan, secara langsung dapat mengurangi interaksi antara kuku Anda dengan zat-zat kimia berbahaya dalam produk-produk pembersih. Sehingga, kuku Anda bisa terhindari lebih lama dari kerusakan.

5. Batasi Penggunaan Penghapus Cat Kuku

Melihat kuku berwarna-warni, mengganti cat kuku hampir tiap hari, memang menyenangkan, namun yang harus juga Anda pertimbangkan adalah kandungan zat kimia yang ada di dalamnya, termasuk yang ada di dalam cairan penghapus cat kuku. Bila harus terpaksa menggunakan cairan penghapus cat kuku, pilih cairan penghapus yang tidak mengandung aseton.

Memanjangkan kuku, faktanya tidak hanya membiarkan kuku tanpa perawatan. Menghindari hal-hal yang dapat membuat kuku rusak, atau patah, bisa juga dikategorikan sebagai perawatan. Jadi, yuk mulai menghindari hal-hal yang bisa membuat kuku patah!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi