Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak suka donat? Camilan yang satu ini memang tidak ada habisnya ya. Berbagai variasi kini makin banyak bermunculan. Hal ini tentu membuat kita ingin mencoba semua jenisnya ya, namun, memilih donat sebaiknya tidak dilakukan dengan asal, karena dengan pemilihan yang tepat maka asupan gizi dari donat juga bisa maksimal, lho.

5 Cara Memilih Donat Paling Sehat

Seperti yang kita ketahui, bahan baku utama pembuatan donat adalah tepung terigu yang merupakan sumber karbohidrat.

Agar asupan gizi saat mengonsumsi donat lengkap, maka kita bisa memilih bahan baku tambahan atau topping sehat yang akan melengkapi kandungan gizi donat, yaitu dengan:

1. Menggunakan tepung whole grain

Tepung whole grain lebih dianjurkan digunakan untuk berbagai olahan makanan. Sama dengan tepung terigu namun kandungan serat dan vitamin pada olahan whole grain terbukti lebih tinggi. Manfaat tersebut tentu akan melengkapi gizi pada donat.

2. Pilih topping atau isian donat dari kacang dan buah-buahan

Topping pada donat memang merupakan hal yang paling menggoda ya. Agar gizi pada donat lengkap, maka hindari memilih topping yang terbuat dari gula atau cokelat manis.

Topping potongan kacang, selai kacang atau selai buah, misalnya selai stroberi atau jeruk bisa menjadi topping yang sehat karena mengandung protein, vitamin dan mineral.

3. Topping dari bubuk kayu manis

Selain kacang dan buah, bubuk kayu manis bisa jadi pilihan tepat untuk ditaburkan di atas donat. Tidak hanya rasanya yang nikmat, manfaat dari kayu manis juga akan kita rasakan, kan?

4. Gunakan gula halus untuk taburan

Gula tetap bisa digunakan untuk topping donat lho. Healthline.com menganjurkan penggunaan gula halus, dalam porsi sedang, di sekeliling donut agar asupan kalori dari gula dan karbohidrat tidak berlebihan. Agar gizinya tetap lengkap, tambahkan selai buah atau kacang di dalam donat ya.

5. Panggang donat

Jika donat umumnya diolah dengan metode goreng, maka kini beralihlah memilih atau membuat donut dengan cara dipanggang ya. Memanggang donat akan mengurangi penggunaan dan penyerapan minyak pada donat. Cara terakhir ini sangat dianjurkan agar asupan kalori dari minyak pada donat tidak berlebihan ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi