5 Cara Memaksimalkan Seks Saat Wanita Memasuki Masa Nifas

doktersehat-pasangan-seks

DokterSehat.Com – Setelah melahirkan bayi, wanita akan memasuki masa nifas. Pada masa ini bagian tubuh dari wanita banyak yang berubah khususnya pada vagina. Akibatnya, saat melakukan aktivitas seks dengan suami, wanita kerap tidak menikmatinya atau malah tersiksa dengan rasa sakit yang ditimbulkan.

Untuk mengatasi permasalahan yang muncul saat bercinta, ada baiknya Anda dan pasangan melakukan lima hal di bawah ini dengan perlahan-lahan.

1. Jangan langsung penetrasi

Saat melakukan aktivitas seks, jangan langsung melakukan penetrasi. Mulailah dari hal-hal kecil yang akan memberikan kenyamanan pada wanita. Misal dengan saling berpelukan dan berciuman secara intens.

Pria juga bisa merangsang wanita dengan memainkan putingnya, mencium bagian leher, dan area erotis lainnya. Lakukan aktivitas ini secara bertahap.

2. Gunakan cairan pelumas

Saat sedang nifas dan menyusui, area vagina akan lebih kering dari biasanya. Kondisi ini terjadi karena ada perubahan hormon dalam tubuh yang cukup signifikan.

Agar wanita tetap bisa merasakan kenikmatan hubungan seks, pria disarankan untuk menggunakan cairan pelumas dengan bahan air. Kalau cairan itu tidak ada bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa murni (VCO).

3. Gunakan pengaman

Gesekan penis yang langsung mengenai vagina biasanya sangat terasa kalau tidak menggunakan kondom. Gesekan ini akan menimbulkan rasa sakit sehingga penggunaan kondom bisa mengurangi rasa sakit.

4. Jujur dengan pasangan

Wanita harus jujur dengan pasangan terkait dengan apa yang dirasakan. Kalau memang sakit dan tidak menikmati lebih baik jujur daripada menyiksa diri sendiri. Toh, pria juga tidak akan memaksa kalau kondisinya seperti ini.

5. Melakukan senam kegel

Senam kegel ini akan melatih otot wanita di bagian pubis dan juga sekitar vagina. Melakukan latihan kegel secara teratur akan membuat vagina jadi lebih elastis dan seks bisa berjalan dengan lancar.

Semoga lima cara di atas bisa membantu Anda ketika akan melakukan seks pasca persalinan. Selamat mencoba!