Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Klorin merupakan zat yang seringkali dicampurkan pada kolam renang agar terbebas dari bakteri. Meski begitu, sayangnya zat ini justru dapat merusak rambut ketika digunakan secara berlebihan. Dari Style Craze, kami akan membagikan pada Anda informasi terkait cara melindungi rambut dari klorin pada saat berenang.

5 Cara Melindungi Rambut dari Klorin Saat Berenang

1. Mandi dan Cuci Rambut Sebelum Berenang

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk melindungi rambut dari bahaya klorin adalah mencucinya sebelum berenang. Pasalnya, rambut bersifat seperti spons yang menyerap. Ketika rambut lebih dulu dicuci, ia akan menyerap air bersih, sehingga sulit bagi klorin untuk masuk dalam rambut. Selesai mencuci rambut, gunakan kondisioner agar rambut semakin terhindar dari zat yang dapat membuat rambut kering tersebut.

2. Oil Treatment Sebelum Berenang

Masih dari Style Craze, cara selanjutnya yang dapat dipakai untuk melindungi rambut dari bahaya klorin adalah menggunakan minyak zaitun. Hal ini direkomendasikan oleh Scott Fontana dari Christophe Salon. Oleskan minyak zaitu ke rambut Anda, dari akar hingga ujung rambut sebelum masuk dalam kolam renang.

3. Gunakan Penutup Rambut

Cara paling sederhana untuk melindungi rambut Anda dari bahaya klorin sepertinya adalah ini: menggunakan penutup kepala. Jika Anda tidak nyaman menggunakan kepala, Anda bisa gunakan cara lain, apa pun, yang paling penting rambut Anda dapat tertutup atau terminimalisir dari klorin.

4. Jangan Lupa Mencuci Rambut Setelah Berenang

Cara 1 hingga 3 sudah dilakukan, bukan berarti rambut Anda terbebas dari klorin sepenuhnya. Cara melindungi rambut dari klorin selanjutnya adalah, sebelum pergi meninggalkan kolam renang, ingat untuk mencuci rambut lalu membilasnya hingga bersih. Gunakan kondisioner untuk perlindungan yang maksimal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

5. Gunakan Cuka Sari Apel untuk Membersihkan Rambut

Bila shampoo dirasa kurang membersihkan klorin dari rambut, Anda bisa mencoba menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel bukan hanya akan menghilangkan klorin pada rambut, melainkan sekaligus menghilangkan sisa-sisa produk pemakaian yang mungkin mengendap di kulit kepala, menghilangkan sel kulit mati dan bagus untuk folikel rambut. Selesaikan perawatan rambut dengan cuka apel menggunakan kondisioner ya.

Cara melindungi rambut dari klorin yang dilansir dari Style Craze ini rupanya tidak terlalu sulit. Pada dasarnya, semua langkah bisa Anda lakukan dengan mudah, bukan? Demi rambut yang tetap terjaga kesehatannya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi