Terbit: 22 Februari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak wanita mengalami sembelit saat memulai kehamilan, namun dengan bertambahnya hormon dan tekanan rahim terhadap usus, masalahnya bisa menjadi sangat buruk. Untungnya, ada beberapa cara alami yang benar dan baik untuk kembali melancarkan buaang air besar, tanpa menggunakan obat-obatan berlebihan yang bisa membahayakan pertumbuhan bayi.

5 Cara Alami Mengobati Sembelit Selama Kehamilan

Salah satu yang menyebabkan sembelit selama kehamilan adalah peningkatan progesteron. Hormon ini menyebabkan serat otot halus melemah, yang berfungsi untuk mempersiapkan kelahiran.

Tapi itu juga menghaluskan usus, yang berarti gerak peristaltik tidak sekuat, dan makanan bergerak lebih banyak melalui saluran pencernaan. Penyebab lain adalah bahwa usus besar dan kecil Anda hampir kehabisan ruang saat bayi tumbuh, yang menyebabkan pencernaan lambat.

Berikut ini, seperti melansir Natural Society, adalah 5 solusi alami untuk membantu kesehatan pencernaan saat hamil:

doktersehat-sayur-sehat-makan

pic credit: christoper pati

1. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi
Sudah menjadi ide bagus untuk melakukan ini bahkan saat Anda tidak hamil, karena serat yang tidak larut membantu memindahkan makanan yang tidak tercerna melalui saluran pencernaan, namun selama kehamilan itu sangat penting.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Biji rami dan kacang almond mengandung serat tinggi, begitu pula buah dan sayuran. Jika Anda tidak mendapatkan cukup makanan ini karena morning sickness (mual dan muntah), cobalah minum tablet psyllium atau makan semangkuk sereal organik yang dicampur buah stroberi.

doktersehat-semangka

2. Konsumsi Semangka
Buah semangka adalah pengobatan dari bidan zaman dahulu untuk sembelit. Bidan biasa merebus biji semangka untuk membuat teh bagi wanita hamil yang menderita sembelit, meski Anda juga bisa hanya makan buahnya. Karena mengandung banyak air, buah berwarna merah ini juga membantu melancarkan asupan makanan ke dalam perut.

doktersehat-vitamin-nutrisi-komponen-organik-obat-ibu-hamil-kehamilan

3. Suplemen Magnesium untuk Menyelamatkan
Suplemen magnesium dosis tinggi aman dikonsumsi selama kehamilan dan benar-benar dapat menyelamatkan ibu hamil yang belum bisa buang air besar beberapa hari dalam satu waktu.

4. Minum Teh Chamomile
Meminum teh chamomile adalah cara yang bagus untuk mengendurkan saluran pencernaan dan keseluruhan kesehatan Anda. Chamomile telah digunakan selama berabad-abad. Ini menenangkan saraf yang letih, membantu insomnia. Chamomile juga memiliki efek menenangkan. Minum tidak lebih dari dua cangkir sehari, karena ada rumor yang belum diuji sehingga bisa menyebabkan keguguran pada dosis tinggi.

doktersehat-senam-ibu-hamil-yoga-mencegah-wasir

5. Latihan Yoga
Ada pose yoga meniru banyak postur ibu hamil untuk melancarkan kelahiran. Pose ini juga sangat membantu mengatasi sembelit. Saat lutut berada pada sudut 90 derajat, semuanya terbantu dengan cukup baik.

Pose dengan embuskan angin, dan ini benar-benar dapat membantu melancarkan gas dan makanan yang belum tercerna melalui usus, sehingga memberikan kelegaan yang cukup.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi