Terbit: 16 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComHipertensi menjadi salah satu penyakit yang disebut silent killer karena kerap tidak disadari. Hal ini yang menyebabkan kita harus mulai mengontrol tekanan darah dengan cara-cara yang mudah dan alami. Lalu, bagaimana sih cara agar tekanan darah bisa lebih terkontrol dengan cara-cara alami?

5 Cara Alami agar Tekanan Darah Terkontrol

Cara alami yang bisa dengan ampuh menurunkan tekanan darah, adalah cara sehat yang akan kita lakukan tanpa harus berfokus pada tekanan darah saja.

Cara ini akan lebih efektif dalam mengontrol tekanan darah yang juga akan memberikan manfaat kesehatan lain, misalnya mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Inilah lima cara alami dalam mengontrol tekanan darah adalah:

1. Hindari berat badan berlebih

Usahakan selalu memantau berat badan berada dalam nilai indeks massa tubuh yang normal, hal ini akan sangat baik karena berat badan yang berlebih berisiko meningkatkan tekanan darah tubuh.

2. Melakukan aktivitas fisik lebih aktif

Rutin berolahraga tidak hanya akan baik bagi kesehatan jantung namun juga mampu mendukung terkontrolnya tekanan darah tubuh.

3. Konsumsi makanan yang berbahan dasar tanaman (plant based diet) dalam bentuk segar lebih banyak

Hal ini akan mendukung asupan vitamin, mineral hingga serat yang baik untuk mengontrol tekanan darah. Konsumsi makanan berbahan dasar tanaman lebih banyak dengan mengonsumsi whole grain, protein nabati, sayur dan buah lebih banyak.

4. Utamakan konsumsi makanan dalam bentuk segar

Makanan dalam bentuk segar akan sangat baik karena bebas kandungan bahan tambahan seperti natrium atau sodium.

Selama Anda bisa memperoleh satu jenis bahan makanan dalam bentuk segar maka utamakan konsumsinya dalam bentuk segar daripada makanan kalengan, makanan beku kemasan atau camilan kemasan.

5. Batasi konsumsi minuman berkafein

Studi menyebutkan bahwa konsumsi minuman berkafein akan meningkatkan tekanan darah dibandingkan dengan minuman yang tidak berkafein. Minuman berkafein misalnya kopi, minuman berenergi dan minuman cokelat sebaiknya dibatasi maksimal hanya 1 porsi saja dalam satu hari ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi