Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sesekali, mewarnai rambut bisa dipilih agar penampilan Anda tidak membosankan. Apakah mau mewarnainya dengan warna merah, biru, kuning, bebas. Tetapi, kadang, yang menyebalkan dari itu adalah, warna rambut kerap tidak tahan lama, alias mudah sekali pudar. Anda pasti perlu tips untuk itu, kan? Kami akan memberikannya.

5 Cara Agar Rambut yang Anda Warnai Tidak Pudar

Photo Credit: Flickr.com/Helga Weber

Dilansir dari Discover Good Nutrition, ada 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga cat rambut yang diaplikasikan agar tidak mudah pudar. Apa sajakah? Berikut ulasannya!

1. Hindari Keramas Setelah Mewarnai Rambut

Setelah mewarnai rambut, untuk menjaga warnanya tetap awet, tidak mudah pudar adalah jangan dulu mencucinya setelah melakukan pewarnaan. Berapa lama? Menurut Discover Good Nutrition, selama yang Anda bisa. Tunggu sampai beberapa lama sampai zat pewarna dapat menempel sempurna pada rambut. Mencucinya, terlebih menggunakan air hangat bisa membuat warna rambut cepat pudar.

2. Pilih Shampo yang Tepat

Pilihan shampoo yang tepat dapat membantu Anda mempertahankan warna rambut setelah pewarnaan bertahan agak lama. Pilihlah shampoo dan kondisioner yang bebas sulfat dan lembut. Hindari keramas yang terlalu sering. Untuk alternatifnya, Anda bisa menggunakan dry shampoo berbentuk spray. Shampoo tersebut juga dapat membantu menyerap minyak berlebih pada rambut dan membuat rambut tetap wangi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Lindungi Rambut Anda dari Panas

Mewarnai rambut dengan warna-warna cerah, akan percuma jika Anda tidak hati-hati dalam merawatnya. Termasuk melindunginya dari panas yang berasal dari alat pengering rambut, alat pengeriting, rol, atau setrika rambut. Untuk menjaga warna pada rambut, pastikan rambut terhidrasi sepanjang hari. Pastikan rambut Anda tidak kering.

4. Hindari Sinar Matahari dan Air Kolam Renang

Dua hal ini, ternyata bisa merusak pewarnaan rambut yang sudah Anda lakukan. Klorin, zat kimia yang umum terkandung dalam air kolam, juga sinar matahari, bisa membuat warna rambut cepat pudar. Bila sulit menghindarinya, Anda bisa menggunakan pelindung UV khusus rambut, juga menggunakan pelembap untuk rambut secara rutin.

5. Jangan Lupakan Warna Rambut yang Anda Pilih

Terdengar tidak penting, namun sebaliknya, Anda perlu mengetahui bahwa zat pewarna, yang bila diaplikasikan kepada rambut, memiliki ketahanan yang berbeda-beda. Rata-rata, warna akan bertahan selama masa pencucian 1 hingga 2 kali saja. Bila rambut Anda diwarnai secara semi permanen, warna rambut tersebut bisa bertahan sampai 12 kali pencucian, bahkan untuk semi permanent, bisa bertahan sampai 20 kali pencucian.

Mewarnai rambut agar tampilan terlihat lebih segar dan berbeda, sungguh pilihan. Tapi, jangan lupakan juga untuk merawatnya. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi