Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cacar merupakan penyakit kulit yang bisa menyerang siapa saja, baik dewasa maupun anak kecil. Cacar merupakan penyakit yang bsia menular. Banyak yang beranggapan bahwa jika seseorang sudah pernah satu kali terkena cacar, maka dia tidak akan pernah tertular lagi. Saat terkena penyakit cacar, kulit terasa gatal dan timbul bintik-bintik merah.

5 Cara agar Penyakit Cacar tidak Menyebar ke Seluruh Tubuh

Selain itu, badan juga terasa meriang dan demam. Untuk mengobatinya, Anda harus segera periksakan diri ke dokter. Lantas, agar penyakit cacar yang Anda derita tidak menyebar ke seluruh bagian tubuh, sebaiknya Anda melakukan hal berikut ini.

1. Minum Banyak Air Putih

Dampak dari penyakit cacar adalah Anda akan merasa kurang nafsu makan sehingga membuat Anda tidak merasa haus. Karena rasa tidak haus itu pula Anda kurang minum dan tubuh menjadi dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi maka panas tubuh Anda akan meningkat. Untuk itu, perbanyaklah mengonsumsi air putih agar tubuh Anda terdehidrasi dengan baik.

2. Tidak Bertukar Baju dengan Orang Lain

Cacar merupakan penyakit menular. Penyakit ini bisa menular kepada orang lain melalui kontak langsung. Agar penyakit cacar Anda tidak menular kepada orang lain, maka hindarilah bertukar baju, handuk, alat mandi, dan alat makan.

3. Konsumsi Makanan Dingin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit cacar bisa menimbulkan panas tubuh yang sangat tinggi. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan dingin untuk meredakan panas tersebut. selain itu, akan lebih baik jika Anda perbayak mengonsumsi buah dan sayuran.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Menjaga Kebersihan

Sangat penting bagi Anda yang menderita penyakit cacar untuk selalu menjaga kebersihan. Hal itu dikarenakan penyakit cacar menimbulkan bintik merah seperti bisul pada kulit. Jika Anda tidak menjaga kebersihan maka aka nada risiko infeksi bakteri.

5. Pergi Berobat

Setelah ke empat cara diatas Anda lakukan, jangan lupa untuk periksa ke dokter agar dokter memberikan resep obat untuk Anda, sehingga penyakit cacar yang Anda derita tidak bertambah parah.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi