5 Cara Agar Anak Terbiasa Dengan Pola Hidup Sehat

doktersehat-anak-aktif

DokterSehat.Com– Kebiasaan yang baik tentu harus dimulai sejak dini ya. Untuk itu kita juga harus membiasakan pola hidup sehat pada anak sejak kecil. Mulai dari pola makan, kebiasaan melihat televisi hingga tidur. Kira-kira apa saja tips pola hidup sehat untuk anak?

Pola hidup yang sehat sejak dini tidak hanya membuat anak terbiasa, namun juga akan mendukung tumbuh kembang dan asupan gizi yang baik untuk anak. Dan Brennan, pakar kesehatan dari WebMD menyebutkan 5 tips agar anak terbiasa dengan pola hidup sehat, yaitu:

1. Membiasakan camilan sehat

Anak yang mengonsumsi camilan sehat sejak dini akan terbiasa dengan rasa makanan yang sehat tersebut hingga dewasa. Untuk itu tanamkan pada anak bahwa camilan yang sehat adalah camilan yang rendah lemak, gula dan garam. Utamakan untuk mengonsumsi camilan dari olahan buah dan kacang-kacangan.

2. Memilih media yang baik untuk anak

Agar anak bisa terbiasa dengan pola makan sehat maka hindari memilih acara televisi, tokoh kartun, lagu atau poster yang tidak mengunggulkan makanan sehat. Hal ini akan sangat berpengaruh pada anak karena anak mudah tertarik dan meniru hal yang baru dikenalnya.

doktersehat-anak-anak-bermain-makan-sereal-playing-kid

3. Biasakan anak untuk fokus makan

Jangan biarkan anak makan sambil menonton televisi atau bermain. Pada anak-anak, hal ini bisa menyebabkan anak tidak mau makan. Sedangkan jika terbiasa hingga dewasa, maka anak akan rentan mengalami obesitas karena porsi asupan makan tidak terkontrol. Biasakan anak makan di meja makan agar fokusnya terjaga sehingga dapat menikmati makanan dengan baik.

4. Usahakan agar anak selalu makan malam bersama keluarga

Makan malam bersama keluarga akan menciptakan keakraban dan melengkapi kebutuhan tumbuh kembang harian anak. Mirip dengan poin sebelumnya, makan malam bersama akan membuat anak fokus pada makanannya dan akan menciptakan waktu makan yang teratur.

5. Usahakan pola makan dan tidur yang teratur

Usahakan agar keempat pola makan di atas bisa selalu diterapkan dengan rutin agar anak terbiasa makan sehat. Jangan lupa pastikan agar anak selalu tidur cukup ya.