Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda mudah tertarik dengan diet yang mengklaim mampu menurunkan berat badan dengan cepat (rapid weight loss)? Meskipun terbukti berhasil, tapi Anda harus tetap berhati-hari karena diet yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat bukan berarti tanpa risiko lo.

5 Bahaya Diet Yang Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Klaim diet penurunan berat badan dengan cepat umumnya menyebutkan mampu mengurangi berat badan lebih dari 1-2 kilogram dalam satu minggu.

Padahal pakar kesehatan dan beberapa penelitian menyebutkan bahwa penurunan berat badan yang sehat dan ideal adalah tidak lebih dari 0,45 kilogram dalam satu minggu.

Tentu boleh-boleh saja kita melakukan penurunan berat badan dengan cepat. Akan tetapi penting pula kita ketahui apa risiko yang dapat terjadi pada tubuh kita.

Menurut WebMD, beberapa risiko yang dapat terjadi akibat penerapan diet tersebut adalah:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

1. Batu empedu

Penerapan diet penurunan berat badan dengan cepat terbukti menyebabkan terjadinya batu empedu pada 25% orang yang menjalani diet tersebut. Kondisi ini akan muncul jika diet penurunan berat badan cepat tersebut dilakukan selama lebih dari 3 bulan.

2. Dehidrasi

Pembatasan asupan konsumsi tentu akan memengaruhi kondisi keseimbangan cairan tubuh. Hal ini dapat diatasi dengan minum yang dalam jumlah yang cukup.

3. Kekurangan gizi

Pengurangan kalori dengan ketat tentu akan meningkatkan risiko asupan gizi tidak tercukupi. Umumnya diet penurunan berat badan cepat dianjurkan diiringi dengan konsumsi suplemen vitamin dan mineral. Namun tentu hal ini tidak dapat menggantikan fungsi keseluruhan zat gizi dari makanan dengan baik.

4. Ketidakseimbangan elektrolit tubuh

Hampir mirip dengan dehidrasi, asupan konsumsi yang dibatasi tentu akan memengaruhi kondisi elektrolit tubuh. Hal ini umum terjadi pada penerapan diet penurunan berat badan cepat dalam jangka waktu cukup lama.

5. Efek samping lainnya

Gangguan kondisi dan kesehatan tubuh berupa sakit kepala, lemas, konstipasi, gangguan menstruasi hingga rambut rontok akan terjadi akibat penerapan diet penurunan berat badan cepat.

Kelima kondisi di atas akan terjadi pada penerapan diet penurunan berat badan dengan cepat.

Maka dari itu sebelum memutuskan untuk melakukan suatu diet, jangan hanya berfokus pada hasil penurunan berat badannya saja, namun pertimbangkan pula efek samping dari diet tersebut, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi